Beraksi Jumat Malam, Pasukan Afghanistan Habisi Komandan Taliban

Beraksi Jumat Malam, Pasukan Afghanistan Habisi Komandan Taliban
Pasukan Tentara Nasional Afghanistan berhasil membunuh komandan Taliban, Mullah Nurgul. Foto: Reuters

jpnn.com, KABUL - Mullah Nurgul, salah satu komandan Taliban bersama sejumlah anak buahnya dipastikan tewas di Provinsi Farah barat, Afghanistan, Jumat (10/4).

Menurut pejabat militer Afghanistan, Sabtu (11/4), pasukan keamanan telah melacak persembunyian komandan Taliban Mullah Nurgul di distrik Lash Wa Juwayn kemudian meluncurkan operasi hingga menewaskannya bersama tiga orang lain.

"Mullah Nurgul yang menjabat sebagai kepala distrik bayangan daerah Lash Wa Juwayn tewas dalam operasi yang dilancarkan militer nasional pada Jumat," ujar Gubernur Provinsi Farah Mohammad Shuaib mengonfirmasi kabar tersebut kepada Xinhua.

Belum ada komentar dari pihak Taliban mengenai insiden tersebut.

Perundingan damai antara Amerika Serikat dan Taliban diteken kedua pihak pada 29 Februari lalu. Namun perundingan itu seakan mandek karena antara pemerintah Afghanistan dan Taliban tak ada kesepakatan soal pertukaran tahanan.

Pihak Taliban menghendaki semua tahanan yang berjumlah sekitar 5.000 orang dilepaskan oleh otoritas atau pemerintah Afghanistan namun pihak pemerintah hanya mau melepaskan mereka secara bertahap.

Sejak perundingan yang mandek itu, terjadi kekerasan bersenjata yang menewaskan kedua pihak, baik tentara Afghanistan maupun pihak militan Taliban. (ant/dil/jpnn)

Mullah Nurgul, salah satu komandan Taliban bersama sejumlah anak buahnya dipastikan tewas di Provinsi Farah, Afghanistan, Jumat (10/4).


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News