JPNN.com

Berambisi Kuasai Luar Angkasa, Tiongkok Luncurkan 3 Misi Ambisius Tahun Ini

Minggu, 19 Januari 2020 – 08:58 WIB Berambisi Kuasai Luar Angkasa, Tiongkok Luncurkan 3 Misi Ambisius Tahun Ini - JPNN.com

jpnn.com, BEIJING - Tiongkok akan memecahkan rekor untuk peluncuran luar angkasa pada 2020. Negara tersebut akan mengirim lebih dari 60 pesawat antariksa ke orbit melalui 40 lebih peluncuran tahun ini.

"Tahun ini akan terus menyaksikan peluncuran yang intensif," ujar Shang Zhi, Direktur Departemen Luar Angkasa China Aerospace Science and Technology Corporation (CASC), dalam sebuah konferensi pers di Beijing, Jumat (17/1).

Menurut Shang, ada tiga misi utama, yang sebagian besar berfokus pada penyelesaian Sistem Satelit Navigasi BeiDou-3, eksplorasi Bulan dan jaringan satelit observasi Gaofen.

Dua orbit geostasioner satelit BeiDou akan dikirim ke luar angkasa pada paruh pertama 2020. Wahana penjelajah Bulan Chang'e-5, yang diperkirakan akan membawa sampel Bulan kembali ke Bumi, dan wahana penjelajah Mars pertama Tiongkok juga direncanakan akan diluncurkan tahun ini.

Selain itu, tiga jenis roket pengangkut baru, yaitu Long March-5B, Long March-7A, dan Long March-8, akan melakukan penerbangan perdana mereka pada 2020.

Roket Long March-5 akan diluncurkan tiga kali, membawa generasi baru pesawat ruang angkasa berawak, sebuah wahana penjelajah Mars dan wahana Chang'e-5 ke luar angkasa.

CASC juga akan mengirim sejumlah satelit untuk sistem infrastruktur ruang angkasa sipil Tiongkok dan merencanakan serangkaian peluncuran komersial pada tahun ini. (Xinhua/ant/dil/jpnn)

Sumber Xinhua

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...