Berani Balik ke Panggung Politik, Ahok Politikus Berkelas

Berani Balik ke Panggung Politik, Ahok Politikus Berkelas
Sejumlah ibu-ibu demo di samping Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Jumat (12/5). Mereka menyuarakan Indonesia Butuh Ahok. Foto: Ken Girsang/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Nasional TB Massa Jafar menilai, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dimungkinkan kembali terjun ke panggung politik setelah menghirup udara bebas.

Menurut Jafar, jika Ahok berani kembali ke panggung politik, maka menunjukkan bahwa mantan Gubernur DKI Jakarta itu seorang politikus yang memiliki kelas.

"‎Sangat boleh Ahok kembali ke politik, yang penting bisa menempatkan posisi. Dia tak boleh merasa kapok. Apalagi kehadirannya di panggung politik saat kesenjangan sosial berakumulasi pada soal pro kontra secara politik," ujar Jafar kepada JPNN, Sabtu (17/3).

Jafar menilai, Ahok dapat berkontribusi nyata jika kembali terjun ke panggung politik.

Paling tidak dapat berbagi pengalaman dan memberi pembelajaran, bahwa di Indonesia ada hal sensitif yang sampai saat ini tak boleh dimasuki.

"Kemudian juga ada ruang kompetisi, kontestasi yang sebenarnya lebih membutuhkan kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi masyarakat," ucapnya.

‎Kehadiran Ahok kembali ke panggung politik, kata Jafar kemudian, juga penting agar dia ikut terlibat secara aktif menyelesaikan permasalahan kesenjangan sosial.

"Itu dibuka saja, bahwa memang ada kesenjangan sosial antara etnis minoritas dengan yang lain. Ahok sebaiknya mampu memberi konsep menyelesaikan kesenjangan itu," katanya.

Ahok disarankan tidak kapok dan berani kembali ke panggung politik agar bisa berkontribusi secara nyata.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News