Berapa Jumlah Penduduk Indonesia yang Belum Divaksin Dua Kali? Begini Penjelasan Prof Wiku

Berapa Jumlah Penduduk Indonesia yang Belum Divaksin Dua Kali? Begini Penjelasan Prof Wiku
Prof Wiku Adisasmito. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Satgas Penanganan Covid-19 mengungkapkan secara nasional ada 20 juta orang yang belum mendapatkan vaksin kedua. 

Pemerintah terus berupaya mendorong agar masyarakat mendapatkan vaksinasi Covid-19.

"Ada lima juta di antaranya di Jawa Barat dengan rentang waktu belum mendapatkan dosis kedua setelah divaksinasi pertama," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito melalui akun BNPB di YouTube, Kamis (17/2).

Wiku juga mengungkapkan empat provinsi lainnya di bawah Jawa Barat, yakni Jawa Timur, Jawa Tengah, Banten dan Sumatera Utara.

Menurut Prof Wiku, masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi dosis kedua terhitung lebih dari enam bulan sejak dosis pertama, masuk kategori drop out.

Masyarakat yang masuk kategori ini diminta melakukan vaksinasi ulang, karena telah terjadi penurunan efikasi dan dosis pertama vaksin belum terbentuk proteksi maksimal.

"Dengan kondisi ini pemerintah berusaha melakukan tindakan cepat untuk segera melakukan percepatan vaksinasi dosis kedua dengan terbuka pada saran berbagai ahli termasuk dari ITAGI," kata Wiku.

Pemerintah lewat Surat Edaran Kementerian Kesehatan Nomor SR.02.06/II/921 Tahun 2022 tentang Pemberian Vaksinasi Covid-19 juga mendorong adanya percepatan. 

Satgas Penanganan Covid-19 mengungkapkan data nasional masyarakat yang belum mendapatkan vaksin kedua. Dosis pertama vaksin belum terbentuk proteksi maksimal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News