Berbekal Kreativitas dan Sandal Jepit, Dinda Dapat Omzet Rp 1,5 Juta per Bulan

Berbekal Kreativitas dan Sandal Jepit, Dinda Dapat Omzet Rp 1,5 Juta per Bulan
Sandal yang diukir secara kreatif memberikan nilai tambah. ANTARA/Fathul Abdi

jpnn.com, PADANG - Seorang wanita di Padang, Sumatera Barat, Dinda Fathiah Edison (27) sukses menciptakan peluang bisnis dari sandal jepit.

Dinda mengukir berbagai macam karakter kartun pada alas kaki tersebut kemudian menjualnya. "Awal melakukan kegiatan ini pada pertengahan 2015, tetapi saat itu hanya untuk dipakai sendiri. Sedangkan yang untuk dijual dimulai akhir 2016," katanya.

Berbekal kreativitas, harga sandal jepit yang awalnya dibeli sebesar Rp15 ribu, kini bisa dia jual seharga Rp35.000-Rp40.000 setelah diukir.

Ada berbagai gambar yang diukir di sandal tersebut, tetapi yang paling sering adalah karakter kartun seperti Doraemon, Shincan, Mickey Mouse, One Piece dan lainnya. "Gambar yang diukir di sandal kebanyakan sesuai dengan permintaan pemesan," tutur Dinda.

Menurutnya, keterampilan mengukir tersebut hanya dipelajari secara autodidak, karena ia tidak berlatar belakang pendidikan seni atau semacamnya.

Dalam tiga tahun perjalanan, sandal jepit ukir ala Dinda tersebut terus diminati pembeli karena keunikan serta sentuhan artistiknya. Alumnus Jurusan Manajemen Unand itu tidak hanya memasarkan produknya secara konvesional, tetapi juga memanfaatkan media sosial.

Pembelinya kini tidak hanya dari Kota Padang. Melainkan juga dari daerah lain seperti Jakarta, Bogor, Bandung dan lainnya.

Dinda mengatakan dalam sehari bisa menyelesaikan empat hingga lima pasang sandal. Dinda lebih sering bekerja pada akhir pekan.

Seorang wanita Minang bernama Dinda Fathiah Edison sukses menciptakan peluang bisnis dari sandal jepit.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News