Berciuman Diyakini Cara Tepat Temukan Pasangan

Berciuman Diyakini Cara Tepat Temukan Pasangan
Ilustrasi. Getty Images

jpnn.com - BINGUNG menjatuhkan pilihan pria atau wanita mana yang akan dijadikan pasangan, sering membuat banyak orang stres bahkan frustasi. Studi terbaru menemukan bahwa berciuman bisa menjadi salah satu uji sosial mutakhir yang dilakukan pria atau wanita untuk mencari pasangan yang tepat.

Studi dari peneliti di Oxford University menunjukkan bahwa berciuman bisa membantu kita menemukan pasangan yang potensial sekaligus menjadi cara untuk mempertahankan mereka.

Rafael Wlodarski, mahasiswa yang melakukan penelitian di departemen Psikologi Eksperimental mengatakan berciuman adalah bagian unik dari perilaku manusia saat berpacaran. Setelah melakukan survei pada lebih dari 900 orang dewasa, Rafael dan Profesor Robin Dunbar menemukan tiga teori tentang peran ciuman dalam berhubungan.

Teori tersebut adalah berciuman bisa membantu menilai kualitas genetik calon pasangan, meningkatkan gairah seksual, dan menjaga hubungan bersama. "Kami ingin melihat mana dari teori ini yang memiliki nilai lebih penting," kata Rafael, seperti dilansir laman Mirror, Rabu (16/10).

Mereka menemukan bahwa berciuman lebih penting dalam suatu hubungan bagi para wanita, ketimbang pria. Selain itu, pria dan wanita yang dinilai dirinya menarik serta cenderung memiliki lebih banyak hubungan jangka pendek atau pertemuan sekilas juga mengatakan bahwa berciuman menjadi hal penting.

"Pada manusia, pilihan pasangan dan berpacaran adalah sesuatu yang kompleks. Ini melibatkan serangkaian periode penilaian di mana orang bertanya pada diri sendiri haruskah dia lebih serius dalam hubungan ini," kata Prof Robin Dunbar.

"Kemudian penilaian jadi lebih intim di mana kita masuk lebih dalam ke tahap pacaran dan di sinilah aktifitas berciuman mulai masuk," tambah Prof Robin.

Dalam studi ini, perempuan juga beranggapan bahwa berciuman menjadi penting dalam hubungan karena itu membantu mereka menunjukkan rasa sayang sekaligus menjaga pasangannya. Dalam hubungan jangka pendek, orang mengatakan bahwa berciuman paling penting dilakukan sebelum bercinta serta di waktu lainnya serta tidak terlalu penting saat dan sesudah melakukan hubungan seks.

BINGUNG menjatuhkan pilihan pria atau wanita mana yang akan dijadikan pasangan, sering membuat banyak orang stres bahkan frustasi. Studi terbaru

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News