Berdayakan Ekonomi Desa, 5 Ribu Pasar Tradisional Direvitalisasi

Berdayakan Ekonomi Desa, 5 Ribu Pasar Tradisional Direvitalisasi
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar. JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar memimpin rapat kerja membahas integrasi 3 kementerian yang saat ini dipimpinnya. Dihadiri 71 PNS dari bebagai tingkatan eselon, Marwan menerangkan kerangka program kementerian selama lima tahun ke depan.

"Segala arah kebijakan ini dilakukan guna merealisasikan visi-misi presiden, yang terangkum dalam 9 agenda strategis prioritas, atau kita sebut sebagai Nawacita," kata Marwan saat memimpin rapat di kantornya, Selasa (11/11).

Mantan Ketua Fraksi PKB DPR RI ini Marwan menjelaskan bahwa ada beberapa isu strategis yang menjadi fokus utama dalam program kementeriannya, antara lain masalah kesejahteraan, disparitas pembangunan, dan pemerataan menyangkut transmigrasi antar daerah dan perpindahan penduduknya.

"Jadi nanti kita akan membangun fasilitas kesehatan sesuai standar pelayanan minimum masing-masing daerah, serta pemenuhan strukur dokter dan tenaga medis di desa-desa. Kemudian ada juga perencanaan 1000 desa agraris berdaulat benih, serta program kawasan berupa pengembangan 20 kawasan perkotaan baru (KPB)," bebernya.

Marwan menjelaskan dalam sektor pemberdayaan ekonomi masyarakat pedesaan, pihak Kementerian DPDTT juga akan melakukan penyaluran modal bagi UMKM dan revitalisasi pasar tradisional di 5000 desa, serta pengembangan jalan dan berbagai infrastruktur pendukungnya.

"Secara keseluruhan, program Kementerian  ini juga akan menjalin kerjasama dengan 17 kementerian lainnya, yang sumber dana bagi pelaksanaannya nanti akan bersumber dari APBN, program CSR dari berbagai pihak, serta kordinasi dan kerjasama dengan lembaga-lembaga donor internasional," tegasnya.

Marwan juga menambahkan bahwa Nawakerja Prioritas, yang merupakan target-target utama jangka pendek dari kementerian dalam masa jabatan 2014-2019. Dalam Nawakerja Prioritas ini, terdapat sembilan program yang hendak dicapai Kemendes-PDTT.

"Yang pertama yakni program 'Gerakan Desa Mandiri' di 3500 desa pada tahun 2014. Yang kedua, pendampingan dan penguatan kapasitas kelembagaan dan aparatur 3500 pada desa tahun 2015," cetus Marwan.

JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar memimpin rapat kerja membahas integrasi 3 kementerian yang saat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News