Berdayakan Petani Muda, Program Yayasan Barito Diganjar Penghargaan SDG 2023

Berdayakan Petani Muda, Program Yayasan Barito Diganjar Penghargaan SDG 2023
Generasi muda adalah tumpuan bangsa di masa depan. Mereka adalah penerus perjuangan dan pembangunan, termasuk di sektor pangan. Foto: Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Generasi muda adalah tumpuan bangsa di masa depan. Mereka adalah penerus perjuangan dan pembangunan, termasuk di sektor pangan.

Sejumlah tantangan muncul, selain masalah keterbatasan lahan juga salah satunya terkait akses pendidikan di sektor pangan. 

"Generasi muda adalah pondasi dari sistem pangan kita di masa depan, tetapi mereka tidak memiliki akses yang sama ke pendidikan dan sumber daya yang mereka butuhkan untuk membangun ketahanan terhadap perubahan iklim,” kata Direktur Yayasan Bakti Barito Dian A. Purbasari dalam keterangannya dikutip Sabtu (11/11).

Berlandaskan itu, Yayasan Bakti Barito membuat Program Bakti Pangan Lestari yang merupakan program jangka panjang selama lima tahun diperuntukkan bagi para petani dan generasi petani muda untuk membangun ketahanan iklim dan ketahanan pangan.

Program ini membantu mereka membangun ketahanan atas perubahan iklim dan memperkuat ketahanan pangan.

Tujuan utama dari program ini adalah mengajarkan teknik pertanian tepat guna yang memberdayakan petani dan generasi petani muda, mendukung inovasi untuk adaptasi iklim, dan memberikan akses petani ke sumber daya yang mereka butuhkan untuk memperkuat sistem pangan mereka.

“Seiring pertumbuhan populasi yang terus meningkat, tantangan seperti lahan yang terbatas serta kurangnya akses terhadap air bersih, maka kita perlu memastikan bahwa para pemuda siap menghadapi perubahan iklim," ungkapnya, 

Agar memiliki dampak jangka panjang, program ini menghasilkan kurikulum Usaha Pertanian Terpadu (UPT) untuk membekali guru dan siswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang mereka butuhkan untuk beradaptasi terhadap perubahan iklim. 

Berdayakan petani muda, program Yayasan Barito mendapatkan penghargaan SDG 2023 dari Bappenas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News