Berharap Ada Duel Vinales vs Marquez di MotoGP Spanyol

Berharap Ada Duel Vinales vs Marquez di MotoGP Spanyol
Maverick Vinales (kiri) dan Marc Marquez. Foto: @crash_motogp

jpnn.com, JEREZ - Gambaran kekuatan tim dan rider musim 2018 akan lebih jelas dalam MotoGP Spanyol di Jerez akhir pekan ini. Tiga seri pembuka MotoGP sudah lewat dengan tiga pembalap berbeda keluar sebagai pemenang.

Namun, tidak mudah untuk menilai potensi kekuatan tim-tim papan atas MotoGP dari tiga balapan pembuka tersebut. Maka, Jerez tempatnya.

Jerez tahun ini akan menjadi kisah yang berbeda dari tahun lalu. Sirkuit sepanjang 4,428 kilometer tersebut baru saja diaspal ulang akhir 2017 silam. Secara teori, dengan aspal baru cengkeraman ban akan lebih kuat. Namun di sisi lain permukaan lintasan bakal mengikis ban lebih cepat.

Dua dari tiga tim pabrikan top sudah melakukan uji coba di Jerez. Ducati melakukannya pada November tahun lalu. Sedangkan Honda baru Maret tahun ini. Jika dilihat dari waktu uji coba, Honda akan memiliki data lebih akurat terkait dengan permukaan Jerez. Karena tes pada November tahun lalu, suhu udara masih sangat dingin dibandingkan saat ini.

''Jadi kami tetap harus menunggu sampai Jumat (4/5 latihan bebas hari pertama) untuk mengetahui lebih baik kondisi trek di sini,'' ucap bintang Ducati Andrea Dovizioso dilansir GP One.

Pembalap Italia tersebut mengatakan Ducati memulai seri Eropa lebih baik dari tahun lalu. Terutama karena posisinya sebagai pimpinan klasemen pembalap dengan keunggulan tipis satu poin dari Marc Marquez.

Dari semua tim pabrikan, Yamaha paling bersemangat kembali Jerez. Di sinilah pabrikan berlogo garpu tala tersebut akan membuktikan kemajuan pengembangan motor sepanjang awal musim.

Setelah sukses finis runner up di seri sebelumnya GP Austin Maverick Vinales mengatakan, timnya telah menemukan setingan motor yang pas seperti awal musim lalu. Saat itu pembalap bernomor start #25 tersebut memenangi tiga seri pembuka secara beruntun.

MotoGP Spanyol tahun ini akan berbeda karena sirkuit yang baru diaspal ulang di akhir 2017.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News