Selasa, 22 Januari 2019 – 01:05 WIB

Berharap Kekurangan Guru Diisi PPPK dari Honorer

Kamis, 20 Desember 2018 – 07:01 WIB
Berharap Kekurangan Guru Diisi PPPK dari Honorer - JPNN.COM

Guru dan siswa. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, BULUNGAN - Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) mengalami kekurangan 616 guru. Angka ini didapat setelah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltara melakukan pemetaan dan pendataan guru, baik guru PNS maupun non-PNS tingkat SMA, SMK dan SLB.

Kepala Disdikbud Kaltara Sigit Muryono menjelaskan, jumlah tersebut akan berkurang. Pasalnya, tahun ini Pemprov Kaltara mendapat kuota 275 guru pada rekrutmen CPNS. Untuk menutupi kekurangan, dia mengatakan, akan dilakukan penerimaan calon PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja). Dia berharap, PPPK itu diambilkan dari guru honorer.

"Saya secara pribadi harapkan kebijakan PPPK itu untuk yang sudah eksis," ujarnya.

Dia menyebutkan, ada tiga jenis guru, terdiri dari guru normatif, adaptif dan produktif. Khususnya di SMK, maka Kaltara masih sangat kekurangan di guru produktif. Tetapi, formasi yang tersedia dalam rekrutmen CPNS belum mengakomodir yang jadi kebutuhan di Kaltara.

Dia mengharapkan tahun depan bila diberikan formasi lagi, Kaltara akan mengusulkan khusus guru produktif. Sehingga, program inpres yang menyebut revitalisasi SMK bisa terpenuhi. Apabila guru produktif tidak ada, maka tetap mengambil langkah-langkah mengefektifkan guru honor yang telah ada.

"Jadi kita tak menerima guru honor baru. Jika pemerintah mengizinkan, maka saya berharap PPPK itu dari 543 guru (honorer)," ujarnya. (uno/fen)

 

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar