Berharap Pers Benteng Masyarakat dari Serbuan Hoaks

Berharap Pers Benteng Masyarakat dari Serbuan Hoaks
Wartawan sedang bertugas. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Sekretaris Jenderal DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Kadir Karding berharap, Hari Pers Nasional (HPN) 2017 yang jatuh pada hari ini (9/2) harus menjadi momentum bagi pemilik industri media untuk memperhatikan kesejahteraan para insan pers.

“Tanpa kesejahteraan yang memadai sulit rasanya kita mengharapkan produk jurnalistik yang berkualitas dan mumpuni,” kata Karding kepada wartawan di kompleks Parlemen Jakarta, Kamis (9/2).

Anggota Komisi III DPR ini mengatakan bahwa insan pers punya peran besar menjaga masyarakat dari derasnya kabar bohong (hoaks) di media sosial yang kian meresahkan. Bahkan cenderung mengganggu kondusifitas demokrasi.

“Di tengah arus hoax yang menderas, pers ibarat benteng penjaga yang melindungi kita dari perpecahan,” tegasnya.

Selain itu, kata Karding, insan pers di era teknologi dan informasi sekarang ini punya tantangan berpacu dengan media sosial.

Sehingga, para jurnalis dituntut bekerja cepat tanpa mengesampingkan akurasi dari informasi yang disajikan.

Belum lagi adanya polarisasi politik di tengah masyarakat yang semakin mengental. Akibatnya, publik seringkali hanya mau menerima informasi yang sesuai dengan selera dan pandangan politiknya tanpa peduli kebenaran.

Di sini lah pers berperan sebagai penyejuk. Tentu, dengan menyajikan informasi yang berimbang sesuai kebenaran dan terbebas dari kepentingan politik dan ambisi ekonomi pemiliknya.(fat/jpnn)


Sekretaris Jenderal DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Kadir Karding berharap, Hari Pers Nasional (HPN) 2017 yang jatuh pada hari ini (9/2)


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News