Berita Duka, Pencipta Konsep Copy Paste Meninggal Dunia di Usia 74 Tahun

Berita Duka, Pencipta Konsep Copy Paste Meninggal Dunia di Usia 74 Tahun
Larry Tesler. Foto: tangkapan layar Yahoo blog

jpnn.com - Kabar duka, telah meninggal dunia ahli komputer penemu konsep copy-paste, Larry Tesler, ada Senin (17/2) lalu, di usia 74 tahun.

Pria dengan nama lengkap Lawrence Gordon Tesler, lahir pada 1945 silam, menempuh pendidikan bidang komputer di Standford, lansir The Verge.

Tesler semasa hidup pernah bergabung dengan berbagai perusahaan teknologi berkelas dunia, termasuk dengan Apple ketika masih di bawah kepimpinan Steve Jobs.

Temuannya yang kesohor, konsep cut, copy dan paste atau potong, salin, tempel, terjadi ketika dia berada di Xerox Palo Alto Research Center atau PARC pada 1973.

PARC terkenal berkat pengembangan antarmuka grafis yang dapat diakses dengan mouse komputer. Konsep cut, copy dan paste dari Tesler kemudian menjadi salah satu bagian penting dalam penyuntingan teks ataupun keseluruhan sistem operasi komputer.

Usai berkarier di PARC, Tesler bergabung dengan Apple pada 1980 hingga 1997. Semasa di Apple, dia juga turut mengerjakan Macintosh, Lisa, QuickTime dan tablet Newton.

Lisa dan Macintosh merupakan komputer PC pertama yang mempopulerkan cut, copy dan paste buatan Tesler.

Pada 1993, masih di Apple, Tesler menjabat sebagai pimpinan ilmuwan, salah satu posisi yang juga pernah dipegang oleh Steve Wozniak.

Kabar duka, telah meninggal dunia ahli komputer penemu konsep copy-paste, Larry Tesler, ada Senin (17/2) lalu, di usia 74 tahun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News