Berita Terkini dari Semenanjung Korea, Korut Kembali Bikin Jepang dan Korsel Tegang

Berita Terkini dari Semenanjung Korea, Korut Kembali Bikin Jepang dan Korsel Tegang
Kim Jong Un memeriksa pasukannya. Foto: AFP

jpnn.com, TOKYO - Berita terkini dari otoritas keamanan laut Jepang menyebutkan bahwa Korea Utara (Korut) telah menembakkan benda yang tampaknya merupakan peluru kendali (rudal) balistik.

Aksi itu tampaknya merupakan peluncuran rudal kedua yang dilakukan Korut dalam waktu kurang dari sepekan setelah pemimpin negara tersebut memerintahkan militernya untuk mencapai lebih banyak kemajuan.

Sementara itu, militer Korea Selatan juga memastikan bahwa ada peluncuran "proyektil yang tidak teridentifikasi" namun tidak memberikan keterangan lebih lanjut.

Pekan lalu, Korut mengatakan pihaknya menembakkan sebuah "rudal hipersonik" yang sukses menghantam suatu target pada Rabu (12/1).

Aksi-aksi peluncuran terbaru oleh Korut itu menggarisbawahi janji yang dinyatakan Kim Jong Un, pemimpin negara yang bersenjata nuklir itu, pada Tahun Baru.

Saat itu, Kim menyatakan akan mendukung militer untuk menghadapi situasi internasional yang tak stabil di tengah kemacetan perundingan dengan Korsel dan Amerika Serikat.

Uji coba terbaru itu berlangsung satu hari setelah misi AS untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), bersama Prancis, Irlandia, Jepang, Inggris, dan Albania, mengeluarkan pernyataan bersama yang berisi kecaman terhadap uji coba rudal pekan lalu.

"Tindakan-tindakan ini meningkatkan risiko salah perhitungan, juga bisa meningkatkan dan menimbulkan ancaman yang signifikan terhadap stabilitas keamanan," kata Duta Besar AS untuk PBB Linda Thomas-Greenfield melalui pernyataan pada Senin (10/1).

Berita terkini dari otoritas keamanan laut Jepang menyebutkan bahwa Korea Utara (Korut) telah berulah lagi

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News