Berkat Program BAKTI Kominfo, Warga Desa Selong Belanak Merasa Merdeka

Berkat Program BAKTI Kominfo, Warga Desa Selong Belanak Merasa Merdeka
BTS (Base Transceiver Station) atau stasiun pemancar milik BAKTI Kominfo (Ilustrasi). Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, LOMBOK - Warga Desa Dusun Lengkok Dalam, Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah, kini bisa tersenyum bahagia lantaran bisa mengakses internet.

Pasalnya, untuk mengakses internet, warga setempat harus mendaki gunung dan berjalan keluar desa sejauh 4 kilometer.

Hal itu tak lepas dari keberhasilan Program BAKTI Kominfo, melalui pembangunan Base Transceiver Station (BTS) untuk memperluas jaringan internet hingga ke desa.

“Dulu sangat susah, kami harus naik gunung dan keluar desa hanya untuk berkomunikasi dengan keluarga di luar kota. Saat dibangun BTS di sini, kami merasa merdeka,” ujar Kepala Dusun Lengkok Dalam, Rajab.

Selain bisa mengakses internet, perekonomian warga di Desa Selong juga turut terangkat, seperti penjualan pulsa, dan memasarkan hasil pertanian via online.

“Terima kasih BAKTI Kominfo, sekarang anak-anak bisa tahu wifi, bisa jual pulsa," serunya.

Sementara, Direktur Infrastruktur BAKTI Kominfo, Bambang Nugroho mengatakan, pembangunan BTS di Dusun Lengkok Dalam Desa Selong Belanak sebagai upaya BAKTI Kominfo melakukan percepatan pembangunan infrastruktur dan ekosistem teknologi, informasi dan komunikasi di wilayah 3T (Terdepan, Tertinggal Terluar).

Adapun BTS di desa ini dibangun setinggi 32 meter dengan menggunakan solar panel untuk listrik.

BAKTI Kominfo melakukan percepatan pembangunan infrastruktur dan ekosistem teknologi, informasi dan komunikasi di wilayah 3T (Terdepan, Tertinggal Terluar).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News