Berkat Program Ini Mentan Optimistis Kesejahteraan Petani Meningkat

Berkat Program Ini Mentan Optimistis Kesejahteraan Petani Meningkat
Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumbar, menggelar kegiatan Pelatihan Literasi dan Edukasi Keuangan (PLEK) bagi petani. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, LIMA PULUH KOTA - Provinsi Sumatera Barat kian masif mendorong peningkatan kualitas SDM petaninya.

Sebagaimana arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, kompetensi petani harus terus di-upgrade untuk mengakselerasi kesejahteraan mereka.

Berangkat dari hal itu, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, menggelar kegiatan Pelatihan Literasi dan Edukasi Keuangan (PLEK).

PLEK merupakan salah satu item dari program Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP).

Sekretaris Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Lima Puluh Kota Mayangsari Ekalisa mengatakan kegiatan PLEK digelar selama dua hari, dimulai 23-25 September 2021.

"Pelatihan ini adalah angkatan ketujuh dan merupakan angkatan terakhir pada tahun anggaran 2021," kata Mayangasari melalui keterangan tertulisnya, Rabu (29/9).

Mayangsari mengatakan tujuan dari pelatihan PLEK adalah dalam rangka peningkatan akses dan layanan keuangan.

Pelatihan literasi dan edukasi keuangan bagi ketua kelompok tani ini menggunakan pendekatan keluarga sebagai tim, di mana ketua kelompok tani/penyuluh swadaya yang menjadi peserta pelatihan adalah suami istri.

Mentan Syahrul Yasin Limpo ingin kompetensi petani harus terus di-upgrade untuk mengakselerasi kesejahteraan mereka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News