Berkat Robot- Robot Keren Ini, Mahasiswa Bisa Tetap Wisuda

Berkat Robot- Robot Keren Ini, Mahasiswa Bisa Tetap Wisuda
Pria Ini akhirnya wisuda di tengah virus corona. Foto: New York Post

jpnn.com, ARIZONA - Impian Juili Kale untuk menerima gelar magister dalam sebuah upacara wisuda batal total gara-gara pandemi Corona.

Beruntunglah pria ini diselamatkan oleh sebuah robot yang membantunya dan akhirnya bisa wisuda. Lantas bagaimana kisahnya?

Kale merupakan mahasiwa Arizona State University. Dia telah merencanakan acara kelulusan selama berbulan-bulan. Orang tua dan saudara laki-lakinya bahkan siap terbang dari India untuk tiba di Phoenix, Amerika Serikat.

Namun pada Maret 2020, pandemi virus corona membuat rencana yang sudah disusun secara rapih berantakan.

Kampus harus ditutup seiring kebijakan pemerintah AS guna memutus penyebaran virus corona.

Upacara kelulusan memang tetap dilangsungkan. Namun, formatnya serba digital. Kamera merekam Kale dan sekitar 140 rekan lulusan yang tampak mengenakan jubah kelulusan dan topi mortar.

Mereka bergiliran menggerakkan robot yang dikendalikan dari jarak jauh di podium di universitas dengan layar setinggi mata yang menunjukkan wajah mereka. Melalui robot, mereka menerima ijazah dan berfoto.

Robot pra-pandemi dari Double Robotics, yang berbasis di Burlingame, California, AS telah digunakan untuk memungkinkan siapapun muncul di pernikahan atau pemakaman tanpa bepergian.

Para mahasiswa memanfaatkan robot canggih untuk membantu menghadiri wisuda di kampus.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News