Jumat, 26 April 2019 – 16:53 WIB

Bernarkah Daun Pepaya Bisa Atasi Demam Berdarah?

Jumat, 25 Januari 2019 – 04:15 WIB
Bernarkah Daun Pepaya Bisa Atasi Demam Berdarah? - JPNN.COM

jpnn.com - Demam berdarah kerap menyerang di musim hujan seperti sekarang ini. Sejak lama, melawan demam berdarah sudah dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan bahan alami seperti daun pepaya. Tapi, benarkah daun ini bisa mengatasi penyakit demam berdarah?

Penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti ini memang tak pandang bulu. Siapa saja bisa terkena demam berdarah bisa terbaring di rumah sakit selama berhari-hari jika kondisinya sudah cukup parah.

Gejala demam berdarah yang sering terjadi adalah demam yang mendadak tinggi, sakit kepala, nyeri di belakang mata, badan menggigil dan pegal-pegal, nyeri otot dan sendi, mual, muntah, nyeri perut, dan pada beberapa kasus dapat timbul ruam kemerahan pada kulit.

Hujan yang sering mengguyur sebagian besar kota di Indonesia belakangan ini membuat nyamuk Aedes aegypti lebih mudah berkembang biak dengan pesat. Pasalnya, nyamuk tersebut sangat menyukai genangan air.

Memang, penyakit dengan gejala utama demam tinggi ini bisa sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi, demam berdarah memang tidak boleh dianggap remeh. Sebab, masih banyak kasus kematian yang terjadi akibat demam berdarah.

Efektivitas daun pepaya untuk atasi demam berdarah

Sudah sejak lama penanganan penyakit demam berdarah tidak mengharuskan opname di rumah sakit. Bahan-bahan alami dijadikan sebagai obat - mulai dari angkak, jus jambu biji sampai daun pepaya - yang dipercaya bisa menyembuhkan sakit demam berdarah.

Meski begitu, benarkah daun pepaya memang bisa menyembuhkan demam berdarah? Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, jika untuk membantu pemulihan, daun pepaya adalah pilihan tepat.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar