Berpartisipasi di Program SICANTIKS OJK, Bank DKI Dorong Literasi Keuangan Syariah

Berpartisipasi di Program SICANTIKS OJK, Bank DKI Dorong Literasi Keuangan Syariah
Bank DKI. ilustrasi. FOTO: Bank DKI

jpnn.com - JAKARTA - Bank DKI melalui Unit Usaha Syariah (UUS) berpartisipasi dalam program yang diselenggarakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bertajuk "Sahabat Ibu Cakap Literasi Keuangan Syariah (SICANTIKS)" di Jakarta, pada Selasa (11/10) lalu.

Program itu merupakan bagian dari upaya meningkatkan literasi keuangan syariah. Salah satunya ialah dengan mengoptimalkan peran ibu sebagai duta literasi keuangan syariah. Hal itu dilakukan melalui pelatihan literasi keuangan secara berkelanjutan dan berbasis komunitas.

Bank DKI turut memberikan edukasi mengenai literasi keuangan syariah dengan memperkenalkan berbagai produk keuangan digital syariah dalam talkshow bertema "Digitalisasi Keuangan Syariah". Bank DKI juga memberikan Tabungan Haji dan Umroh (Taharoh) kepada lima Duta Literasi OJK, dan voucer potongan umrah jutaan rupiah kepada sejumlah peserta seminar.

Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi menjelaskan hadirnya program SICANTIKS diharapkan dapat meningkatkan literasi pengetahuan terkait produk keuangan syariah, serta perencanaan dan manajemen keuangan keluarga.

“Memberdayakan ibu-ibu sebagai agen edukasi yang dapat berbagi pengetahuan kepada masyarakat yang lebih luas, serta mendorong mereka memanfaatkan produk dan layanan keuangan syariah sebagai upaya dalam meningkatkan inklusi," ucap Friderica dalam keterangannya, Senin (17/10).

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Bank DKI Amirul Wicaksono mengatakan partisipasi dalam program SICANTIKS OJK merupakan bukti komitmen mendukung perkembangan literasi keuangan syariah di Indonesia.

“Bank DKI Syariah berharap dapat berkontribusi signifikan dalam peningkatan literasi keuangan syariah dan pemahaman masyarakat tentang keuangan yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah,”ujar Amirul.

Sebagai informasi, Bank DKI telah mengimplementasikan Dual Banking Leverage Model (DBLM) sebagai solusi layanan perbankan kepada nasabah yang bisa memilih produk dan layanan syariah, di antaranya pembukaan rekening tabungan, giro, deposito, bahkan pembiayaan skema syariah seperti KUR, pembiayaan investasi, modal kerja, ritel dan mikro, serta Konsumer iB, dapat dilakukan di seluruh Kantor Cabang Bank DKI. (mcr4/jpnn)

Lewat program SICANTIKS, Bank DKI mendorong literasi keuangan syariah melalui digitalisasi.


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News