Berperan dalam Pemahaman Sejarah Indonesia-Jepang, Bonnie Triyana Raih Reiwa Award

Berperan dalam Pemahaman Sejarah Indonesia-Jepang, Bonnie Triyana Raih Reiwa Award
Bonnie Triyana, pendiri dan redaktur senior media berbasis sejarah, Historia.id menerima Penghargaan Menlu Jepang 2023 (Reiwa 5). Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Bonnie Triyana, pendiri dan redaktur senior media berbasis sejarah, Historia.id menerima Penghargaan Menlu Jepang 2023 (Reiwa 5)

Penghargaan itu diberikan langsung oleh Dubes Jepang untuk Indonesia Kenji Kanasugi di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (7/11).

Menurut Kanasugi, Bonnie Triyana yang juga Sejarawan Indonesia mendapatkan penghargaan tersebut karena berkontribusi mempromosikan pemahaman tentang sejarah interaksi antara bangsa Jepang dan Indonesia. 

Termasuk masa awal kedatangan bangsa Jepang pra-Perang Dunia II. Kontribusi ini dilakukan lewat penyelenggaraan pameran “Sakura di Khatulistiwa” yang digelar di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta, 9-10 September 2022.

"Peran Bonnie dalam penelitian sejarah Indonesia dengan Jepang dimulai saat dia menjadi asisten Prof Aiko dari Keio University. Kami menghargai peran Bonnie dalam menggagas film dokumenter mengenai mantan serdadu Jepang yang berjuang di pihak Indonesia," katanya saat memberikan sambutan.

Menurut Kanasugi, film itu berhasil memberikan pengetahuan sejarah kepada masyarakat Indonesia sehingga mereka paham tentang sejarah hubungan kedua bangsa.

Selain Kanasugi, anggota komisi X DPR RI Rano Karno juga hadir dalam penganugerahan itu.

Rano mengapresiasi penghargaan ini diberikan setiap tahunnya dari Pemerintah Jepang untuk Warga Negara Indonesia (WNI).

Bonnie Triyana, pendiri dan redaktur senior media berbasis sejarah, Historia.id menerima Penghargaan Menlu Jepang 2023 (Reiwa 5)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News