Berpidato Pakai Bahasa Inggris, Puan Dorong Parlemen Terus Bikin Terobosan

Berpidato Pakai Bahasa Inggris, Puan Dorong Parlemen Terus Bikin Terobosan
Puan Maharani. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan bahwa parlemen harus melakukan terobosan guna meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi penyakit virus corona 2019 (COVID-19).

Puan menyampaikan itu saat berpidato di acara Inter-Parliamentary Union 5th World Conference of Speakers of Parliament yang berlangsung secara virtual, Kamis (20/8).

Berpidato dalam bahasa Inggris, Puan mengatakan bahwa parlemen harus terus memperlihatkan kinerja demi rakyat dalam kondisi sesulit apa pun. “Anggota parlemen harus makin cepat menghasilkan undang-undang yang dapat membantu mengatasi dampak pandemi COVID-19, juga harus tetap dapat menangkap aspirasi rakyat," kata Puan.

Legislator PDI Perjuangan itu menegaskan, justru di saat seperti inilah rakyat ingin merasa lebih dekat dengan parlemen guna menyampaikan aspirasinya. “Karena itu, diperlukan terobosan-terobosan dalam cara kerja parlemen di tengah pandemi COVID-19," tutur Puan yang didampingi Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR Charles Honoris.

Perempuan pertama yang menjabat sebagai ketua DPR RI itu menyebut terobosan untuk membuat kehadiran parlemen menjadi hal penting dalam upaya menjaga kepercayaan masyarakat. Menurutnya, kehadiran parlemen yang memberi dampak positif itulah yang akan membuat masyarakat memandang lembaga wakil rakyat sebagai institusi yang tetap relevan bagi kehidupan masyarakat.

"Di Indonesia, anggota parlemen sudah menggunakan cara-cara baru di dalam kenormalan baru untuk memastikan tugas DPR dapat terus berjalan dengan lancar dan produktif, termasuk menggunakan kombinasi metode virtual dan tatap muka dalam pelaksanaan rapat," kata Puan.

Selain itu, Puan juga membeber langkah DPR mengembangkan Sistem Informasi Legislasi mudah digunakan dan diakses. “DPR juga hadir di media sosial dalam bentuk saluran layanan pengaduan mobile dan online agar rakyat dapat lebih mudah menyampaikan aspirasinya," ucapnya.

Kendati demikian, Puan menyebut DPR akan terus melakukan inovasi dan terobosan demi memberi dampak positif bagi masyarakat. 

Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan bahwa parlemen harus melakukan terobosan guna meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi penyakit virus corona 2019 (COVID-19).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News