Bersama Melawan COVID-19, Warga JGC Cakung Terapkan Penanganan Pandemi Berbasis Lingkungan

Bersama Melawan COVID-19, Warga JGC Cakung Terapkan Penanganan Pandemi Berbasis Lingkungan
Perhatian, kerja sama, dan kepedulian antar warga itu diungkapkan oleh warga Perumahan Jakarta Garden City, Cakung, Jakarta. Foto: dok jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Kemauan dan semangat menjadi kunci dalam menghadapi situasi kritis saat ini. Bagaimanapun tetanggalah yang akan menjadi saudara terdekat ketika terjadi hal-hal yang bersifat darurat.

Apalagi di tengah segala pembatasan dan keterbatasan. Pengelolaan gugus tugas yang optimal dapat menjadi model penanganan Covid di lingkup perumahan atau pemukiman.

“Perhatian, kerja sama, dan kepedulian antar warga itu diungkapkan oleh warga Perumahan Jakarta Garden City, Cakung, Jakarta. Di RW 14 kawasan Jakarta Garden City yang terdiri dari 18 RT dan tak kurang dari 5.000 Kepala Keluarga kekompakan warga tampak begitu nyata. Langkah nyata mereka dapat menjadi model dalam mitigasi menghadapi pandemi,” kata Ketua Gugus Tugas RW 14, Aan Afdi di Jakarta, Minggu (4/7).

Ketua RW 14 Acep Edy Setiawan bersyukur, apa yang telah dilakukan warganya menjadi dorongan dan inspirasi bagi RW lain di lingkungan Kelurahan Cakung Timur.

Ia rajin membagi inisiatif dan langkah nyata tersebut melalui grup jejaring media sosial di lingkup kelurahan. Lingkungan RW lain pun tergerak melihat best practice yang dilakukan warga RW 14. Di tengah situasi yang kritis kesetiakawanan sosial sangat penting.

“Sejak awal pandemi, warga sudah membentuk gugus tugas. Respon warga untuk berpartisipasi sangat tinggi. Setahap demi setahap manajemen gugus tugas dibenahi dan dilengkapi. Kini ada pembagian tugas yang cukup rapi. Ada tim udara yang bertanggung jawab pada sosialisasi melalui media sosial dan basis data warga yang relevan dengan kasus Covid. Ada pula tim darat yang akan menindaklanjuti distribusi logistik dan bantuan evakuasi jika harus ada warga yang dibawa ke rumah sakit,” jelasnya.

Salah satu tim medis Gugus Tugas RW 14, Dokter Vina mengungkapkan, setidaknya ada 6 dokter yang tinggal di kawasan JGC ini. Para dokter ini tentu sudah memiliki tugas dan beban tanggung jawab di fasilitas layanan kesehatan yang ada di berbagai tempat.

Namun, dia menambahkan, mereka tetap peduli dan terlibat untuk membantu warga di lingkungannya. Peran tim medis ini tentu saja sangat krusial, di tengah banyaknya warga yang tengah menjalani isolasi mandiri.

Ketua RW 14 Acep Edy Setiawan bersyukur, apa yang telah dilakukan warganya menjadi dorongan dan inspirasi bagi RW lain di lingkungan Kelurahan Cakung Timur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News