Bersiaplah, Indonesia Menuju Transformasi Ekonomi Digital

Bersiaplah, Indonesia Menuju Transformasi Ekonomi Digital
Airlangga Hartarto. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Transformasi digital menjadi peluang bagi upaya pemulihan ekonomi. Salah satunya dipicu oleh perkembangan teknologi yang semakin pesat dan cepat.

Hal ini dinyatakan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto saat membuka acara seminar bertema 'Transformasi Ekonomi: Momentum Menuju Indonesia Maju dan Unggul' yang diselenggarakan oleh KPC-PEN di Aula Universitas Islam Bandung (Unisba), Bandung.

Menurut Airlangga, perkembangan teknologi telah mendorong transformasi ekonomi Indonesia menjadi digital, terutama di masa pandemi Covid-19 ini.

"Ini menjadi momentum bagi percepatan transformasi digital, terutama akselerasi pada industri 4.0 dengan UMKM berbasis platform digital", ujar Airlangga.

Pemerintah, kata Airlangga, juga memberikan dukungan di berbagai program, sehingga mampu mendorong UMKM terus bergerak. Hal ini dilakukan guna menguatkan fondasi perekonomian untuk pembangunan berkelanjutan.

"Transformasi digital ini mempunyai potensi karena 180 juta masyarakat Indonesia adalah pengguna internet aktif, yakni sekitar 56 persen," tambah Airlangga.

Menurut Airlangga, jumlah pengguna internet tentu mengalami pelonjakan, terlebih saat pandemi. Namun hal ini mendorong peningkatan literasi digital.

Sementara itu, Rektor Unisba Prof Edi Setiadi mengatakan, transformasi ekonomi perlu untuk memulihkan kondisi ekonomi di tengah berbagai masalah yang terjadi seperti pandemi Covid-19, perang dagang, dan kebijakan moneter yang berdampak pada Indonesia.

Perkembangan teknologi telah mendorong transformasi ekonomi Indonesia menjadi digital, terutama di masa pandemi Covid-19 ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News