Bersinergi dengan Kejagung, Bea Cukai Siap Berantas Produk Impor Ilegal

Bersinergi dengan Kejagung, Bea Cukai Siap Berantas Produk Impor Ilegal
Bea Cukai sedang melakukan pengecekan produk yang masuk ke Indonesia. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai menjalin kerja sama dengan Kejaksaan Agung (Kejagung) untuk memberantas produk impor ilegal yang masuk ke Indonesia.

Hal itu disebabkan banyak temuan beberapa komoditas yang merupakan barang impor tetapi menggunakan label atau merek dalam negeri, yaitu alat kesehatan, alat pertanian, tekstil, besi/baja, garam, dan lainnya.

Direktur Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Jasa Bea Cukai Nirwala Dwi Heryanto mengatakan Bea Cukai dan Kejagung berkoordinasi dalam melakukan kegiatan operasi intelijen untuk mencari dan menemukan barang-barang atau produk luar negeri yang dilabel seolah-olah sebagai produk dalam negeri.

Dia menegaskan dugaan perbuatan pidana yang menyebabkan kerugian perekonomian negara tersebut dipastikan akan diusut tuntas oleh Bea Cukai dan Kejagung.

"Kami mendukung secara aktif arahan Presiden Joko Widodo untuk berkoordinasi dengan Kejagung dalam hal pertukaran data informasi impor," ungkapnya.

"Bea Cukai juga siap melaksanakan perbaikan proses bisnis guna mengatasi hal tersebut dan mendukung peningkatan perekonomian Indonesia," imbuh dia.

Dengan jalinan koordinasi yang baik antara Bea Cukai dan Kejagung dalam menindaklanjuti pelanggaran itu diharapkan komoditas dalam negeri kembali bisa bersaing dengan sehat di pasar dalam negeri.

Sehingga pada akhirnya bisa menjamin pertumbuhan ekonomi Indonesia. (jpnn)


Bea Cukai menjalin kerja sama dengan Kejaksaan Agung (Kejagung) untuk memberantas produk impor ilegal yang masuk ke Indonesia.


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News