Bertemu Presiden CECF, Sultan: Indonesia Akan Jadi Tuan Rumah Konferensi Pemuda Lintas Agama Dunia

Bertemu Presiden CECF, Sultan: Indonesia Akan Jadi Tuan Rumah Konferensi Pemuda Lintas Agama Dunia
Wakil DPD RI Sultan B Najamudin Bersama rombongan melanjutkan silaturahmi kenegaraannya bersama tokoh dan aktivis Islam Amerika di Washington DC Imam Bashar Arafat. Foto: Humas DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - Setelah menyelesaikan tugas utama kunjungan kerja di Amerika Serikat (AS), Wakil DPD RI Sultan B Najamudin bersama rombongan melanjutkan silaturahmi kenegaraannya bersama tokoh dan aktivis Islam Amerika di Washington DC Imam Bashar Arafat.

Sultan sebelumnya juga menghadiri undangan Imam Besar Masjid New York, Imam Syamsi Ali.

Bersama Imam Besar di Washington DC yang juga merupakan Founder and President of Civilization Exchange and Cooperation Foundation (CECF) di Washington DC itu, Sultan secara khusus mendiskusikan salah satu isu penting dalam geopolitik tentang hubungan Islam dan Amerika kontemporer.

“Membangun relasi Islam dan Barat khususnya Amerika adalah sama pentingnya dengan merawat toleransi antarumat beragama di Indonesia. Kemanusiaan mendapatkan tempat yang istimewa dalam Islam, sehingga isu ini harus menjadi misi bersama yang melampaui sekat-sekat sosial, politik dan ideologi,” ujar Sultan melalui keterangan resminya pada Jumat (27/5).

Selama ini, lanjutnya, perspektif dan stigma yang keliru terhadap sikap AS atas Islam. Hal ini sering kali menyebabkan kesalahpahaman tokoh dan ulama yang tidak toleran dan open minded dalam menilai AS sebagai sebuah bangsa yang memiliki penghormatan yang tinggi terhadap nilai-nilai Islam.

"Sehingga kita membutuhkan peran intelektual Islam yang mampu menjembatani persamaan-persamaan prinsip antara Islam dan AS. Imam Bashar Arafat adalah salah satu tokoh Islam AS yang konsen menyediakan ruang dialog intensif bagi semua kalangan umat beragama sedunia,” urainya.

Lebih lanjut, Sultan menerangkan sebagai negara yang plural dan toleran, Indonesia diminta untuk bersedia melangsungkan konferensi Pemuda Lintas Agama Dunia oleh President CECF, Imam Bashar Arafat.

Prinsip Islam rahmatan Lil alamin harus menjadi doktrin penting bagi generasi muda Islam dalam menjalin kolaborasi dan pergaulan lintas agama di masa depan.

Wakil DPD Sultan B Najamudin bersama rombongan melanjutkan silaturahmi kenegaraannya bersama tokoh dan aktivis Islam AS di Washington DC Imam Bashar Arafat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News