Besok Diprediksi Puncak Arus Balik Pengguna Kereta

Besok Diprediksi Puncak Arus Balik Pengguna Kereta
Ilustrasi arus balik Lebaran. Foto: Miftahul Hayat/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daops 1 Jakarta memperkirakan puncak arus balik menggunakan kereta akan terjadi pada Minggu (9/6/2019) besok. Diperkirakan 23 ribu orang akan tiba di Jakarta melalui berbagai stasiun yang ada di ibu kota.

“Diperkirakan besok puncak arus balik menggunakan kereta api,” kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunnisa saat dikonfirmasi, Sabtu (8/6/2019).

Menurut data PT KAI Daops 1, total kedatangan penumpang di Jakarta melalui Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, mencapai 20.704 orang. Eva menyebut, jumlah tersebut mengalami kenaikan dari biasanya.

Sedangkan, penumpang yang turun melalui Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, pada hari ini mencapai 23. 202 orang. PT KAI sudah melakukan serangkaian persiapan untuk mengantisipasi adanya lonjakan arus balik.

BACA JUGA: Dishub Bekasi Siagakan Ratusan Personel Hadapi Arus Balik Lebaran

“Kalau antisipasi sudah kita lakukan dalam rangka arus mudik. Pada masa arus mudik pasti akan terjadi kepadatan, itu memang sudah kita antisipasi,” jelas Eva.

Berdasarkan data dari Posko Angkutan Lebaran Stasiun Gambir, Sabtu (8/6), ada 17.026 penumpang yang datang di Stasiun Gambir pada Kamis (6/6) dan 20.424 penumpang datang pada Jumat (7/6). Sehingga total volume kedatangan penumpang di Stasiun Gambir hingga H+2 Lebaran sejumlah 37.450 penumpang.

Sementara, untuk volume keberangkatan, tercatat ada 260.361 penumpang yang berangkat dari Stasiun Gambir, yang merupakan akumulasi dari H-10 hingga H+2 Lebaran atau sejak 26 Mei hingga 7 Juni 2019. Ada 32 KA reguler dan 14 KA tambahan yang diberangkatkan dari Stasiun Gambir sebagai angkutan lebaran.

Data PT KAI Daops 1 total kedatangan penumpang di Jakarta melalui Stasiun Gambir, Jakarta Pusat mencapai 20.704 orang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News