Besok, Jasad Raja Bhumibol Dikremasi di Istana Cantik Ini

Besok, Jasad Raja Bhumibol Dikremasi di Istana Cantik Ini
Royal Crematorium tempat jasad mendiang Raja Thailand Bhumibol Adulyadej bakal dikremasi, Kamis (26/10). Foto: The Nation

jpnn.com, BANGKOK - Lebih dari setahun setelah menutup mata selamanya, jasad Raja Thailand Bhumibol Adulyadej akhirnya akan dikremasi besok, Jumat (26/10).

Royal Crematorium, istana mini yang dibangun seniman-seniman terbaik Thailand dengan biaya 30 juta baht (sekitar Rp 12,24 miliar), menjadi lokasi kremasi ayahanda Raja Maha Vajiralongkorn tersebut.

”Kremasi menjadi penyempurnaan kepemimpinan raja besar Thailand yang sangat dicintai rakyatnya. Kami mengucapkan selamat jalan kepada raja yang akan membawa pula sebagian jiwa kami, rakyat Thailand,” ungkap Thitinan Pongsudhirak, akademisi dari Chulalongkorn University, dalam wawancara dengan Bangkok Post kemarin, Selasa (24/10). Pemerintah Thailand menetapkan hari kremasi sebagai hari libur nasional.

Hari ini rakyat Thailand berbondong-bondong ke Grand Palace untuk memberikan penghormatan terakhir kepada sang raja yang meninggal pada 13 Oktober tahun lalu itu.

Setelah doa bersama yang dipimpin para biksu dimulai pukul 07.00, jasad Bhumibol dipindahkan dari Dusit Maha Prasat Throne Hall ke Royal Crematorium di Sanam Luang Royal Plaza. Jarak Grand Palace dan Sanam Luang mencapai 150 meter.

Royal Crematorium yang kini berdiri megah di Sanam Luang itu dikerjakan dalam setahun. Di bangunan yang terbuat dari kayu dan cat emas tersebut, para seniman Thailand berusaha menghadirkan surga bagi mendiang pemimpin monarki yang juga sering disebut Bapak Bangsa Thailand itu.

Karena itu, tak heran jika Royal Crematorium tersebut sarat dengan ornamen dan pernak-pernik cantik.

Besok, Jasad Raja Bhumibol Dikremasi di Istana Cantik Ini

Royal Crematorium mulai dibangun setahun lalu untuk upacara pembakaran jasad Raja Bhumibol Adulyadej

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News