Jumat, 14 Desember 2018 – 05:47 WIB

Beternak Hamster, Omzet Bisa Puluhan Juta Rupiah per Bulan

Rabu, 28 November 2018 – 00:14 WIB
Beternak Hamster, Omzet Bisa Puluhan Juta Rupiah per Bulan - JPNN.COM

jpnn.com - Bermula dari kecintaan kepada hamster, menjadi peluang usaha bagi Luqman. Ia mencoba peruntungannya dengan beternak hamster yang dirintisnya sejak tahun 2013.

Nova Sari, Pontianak

Pria 28 tahun ini tak sendiri. Kecintaan Luqman pada hamster, sejalan dengan hobi sang kekasih. Yang kini menjadi istrinya.

Awalnya Luqman hanya memelihara empat ekor hamster. Namun setelah melakukan observasi di lapangan ia memandang peluang usaha memasarkan hamster cukup baik.

“Pada saat itu, saya juga sedang lagi stres mikirin skripsi yang belum tuntas. Jadi sambil menghilangkan stres saya coba-coba mengembangkan hamster,” ujarnya kepada Rakyat Kalbar (Jawa Pos Group0 kediamannya di Gang Berdikari Jalan Husein Hamzah, Pontianak, Minggu (25/11).

Bukan berarti memulai usahanya ini tanpa kendala. Kala itu, diperlukan modal cukup besar. Namun Luqman tak memiliki banyak uang. Tabungannya hanya sekitar Rp1 juta.

Sedangkan Luqman ingin beternak hamster dengan skala besar. Berbagai upaya dilakukan dia untuk mendapatkan modal. Diantaranya mencari pinjaman uang dengan saudara dan teman-teman kuliahnya. Uang itu untuk membeli hamster, kandang dan kebutuhan lainnya. “Karena kalau ingin beli untuk partai besar saya harus langsung ambil ke Bandung,” jelasnya.

Saat itu pinjaman yang berhasil terkumpul Rp5 juta. Ia pun membeli 200 ekor hamster. Namun ia salah perhitungan, sehinggan banyak hamster yang mati.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar