BGK Sebut Penanganan Perubahan Iklim Bank BTN Diapresiasi Dunia

BGK Sebut Penanganan Perubahan Iklim Bank BTN Diapresiasi Dunia
Pendiri Yayasan Bumi Global Karbon (BGK) Achmad Deni Daruri. Foto: Dokpri

jpnn.com, JAKARTA - Carbon Disclosure Project (CDP) mengapresiasi kinerja Bank BTN terkait perubahan iklim dengan memberikan skor C dalam pengisian kuesioner climate change.

Penilaian itu disampaikan Pendiri Founder Bumi Global Karbon (BGK), Achmad Deni Daruri, di Jakarta, Selasa (22/12).

Deni mengatakan, skor yang dicapai Bank BTN pada 8 Desember 2020, mengalami kenaikan 4 level, dari sebelumnya pada 2019 memperoleh skor F yang bermakna tidak merespons menjadi skor C di 2020.

"Skor C sendiri berarti perusahaan telah memasuki level awareness terkait perubahan iklim, memiliki pemahaman terkait isu perubahan iklim dan dampak yang dihasilkan. Skor C sendiri sudah berada di atas rata-rata perusahaan di Asia yang masih memiliki rata-rata skor D," terang Deni.

Adapun pada 2019, lanjutnya, sejumlah Bank BUMN yang masih memiliki nilai F adalah Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Mandiri.

Di mana, CDP merupakan organisasi independen dengan tingkat kredibilitas tinggi yang memegang koleksi data global terbesar mengenai perubahan iklim, hutan, dan air perusahaan dan menjadi jantung keputusan bisnis, investasi, serta kebijakan bisnis.

Informasi saja, CDP lahir pada 2000 dan berpusat di London, United Kingdom. Platform ini telah digunakan oleh  ± 920 institusi pemerintah, ± 515 investor dengan sumber kapital 106 trilyun USD dan ± 8400 perusahaan di seluruh dunia.

Menurut Sustainability, CDP Climate, Water dan Forest  memiliki kualitas rating Environmental, Social dan Governance atau tata kelola  terbaik dan kredibel untuk 2020, di atas MSCI ESG Rating, Bloomberg ESG Disclosure Score dan lembaga rating social and governance (ESG) lainnya.

Bumi Global Karbon merupakan accredited solution providers CDP pertama di Indonesia yang terus berusaha membantu perusahaan dalam pengisian kuesioner lingkungan CDP.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News