BI Menyiapkan Uang Tunai Layak Edar Rp 175,26 Triliun

Penuhi Kebutuhan Selama Ramadan dan Idulfitri 2022

BI Menyiapkan Uang Tunai Layak Edar Rp 175,26 Triliun
Deputi Gubernur BI Aida Budiman dalam acara Kick Off: Serambi Rupiah Ramadhan di Jakarta, Senin (04/04/2022). (ANTARA/Agatha Olivia)

jpnn.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menyiapkan uang layak edar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadan dan Idulfitri 2022. 

Deputi Gubernur BI Aida Budiman mengatakan pihaknya telah menyiapkan uang tunai layak edar senilai Rp 175,26 triliun. 

Dia menegaskan bahwa angka tersebut naik 13,42 persen dibandingkan tahun lalu.

“Hal ini seiring dengan perkembangan ekonomi yang membaik,” kata Aida Budiman dalam acara Kick Off: Serambi Rupiah Ramadan di Jakarta, Senin (4/4).

Selama Ramadan dan Idulfitri, Bank Sentral juga terus berkomitmen untuk melanjutkan program tahunan, yakni Ekspedisi Rupiah Berdaulat bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut untuk mempermudah wilayah terdepan, terluar, dan terpencil (3T) Indonesia dalam mendapatkan uang rupiah layak edar.

Aida mengatakan pada tahun ini pihaknya akan terus melakukan kegiatan kas keliling di daerah 3T yang mencakup 81 pulau di 16 provinsi.

Tak hanya penyiapan uang layak edar, strategi lain yang dilakukan BI pada momen Ramadan dan Idulfitri 2022 adalah perluasan layanan penukaran.

"Tahun ini kami bersinergi dengan perbankan. Jadi, sudah ada 5.013 titik penukaran yang meliputi 453 titik di wilayah Jabodebek dan 4.560 ada di luar wilayah Jabodebek," kata Aida.

BI menyiapkan uang tunai layak edar Rp 175,26 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadan dan Idulfitri 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News