Biarkan Para Seniman Jalanan Tetap pada Habitatnya

Biarkan Para Seniman Jalanan Tetap pada Habitatnya
Pentas Ekspresi Seniman Jalanan. Foto Esy/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - ‎Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meminta ekspresi seniman jalanan tidak hanya sampai di wilayah Jabodetabek, tapi menular hingga ke daerah.

Ini agar para seniman jalanan yang menjadi golongan terpinggirkan bisa punya kedudukan layak di mata masyarakat.

"Biarkan para seniman jalanan ini tetap pada habitatnya. Jangan ganggu mereka, tapi berikan ruang yang seluas-luasnya untuk mereka berekspresi. Saya berharap ini tidak berhenti sampai di Jabodetabek tapi diikuti daerah lain," kata Muhadjir saat memberikan sambutan di Uji ‎Gelar Pentas Ekspresi Seniman Jalanan, Senin (5/6).

Dia menambahkan, untuk mengangkat profesi seniman jalanan butuh kerja sama antara pemerintah pusat, daerah‎, dan pengusaha.

Pemerintah memberikan pelatihan bagi para seniman jalanan tentang cara bermusik yang baik seperti apa, attitude, dan lainnya. Sedangkan pengusaha memberikan ruang bagi seniman jalanan ini untuk berekspresi.

Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid menambahkan,‎ tujuan pemerintah mengangkat profesi seniman jalanan bukan untuk memindahkan mereka ke gedung tapi bagaimana menjadikan seni jalanan semakin indah.

"Mudah-mudahan pak menteri mau bicara dengan kepada kepala stasiun untuk memberikan kesempatan kepada seniman jalanan untuk bermain musik dan menyanyi. Karena ruang seniman jalanan makin sempit dengan adanya Perda larangan mengamen," paparnya. (esy/jpnn)

‎Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meminta ekspresi seniman jalanan tidak hanya sampai di wilayah Jabodetabek, tapi


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News