Minggu, 19 Agustus 2018 – 01:11 WIB

Biaya Rp 10 Miliar untuk Cincin Juara

Jumat, 17 Juni 2011 – 09:26 WIB
Biaya Rp 10 Miliar untuk Cincin Juara - JPNN.COM


DALLAS - Sebagai juara NBA, Dallas Mavericks telah mendapatkan Larry O ' Brien Trophy yang sangat bergengsi. Sekarang tinggal menunggu musim baru 2011-2012 dimulai, di mana para pemain Mavericks akan mendapatkan hadiah cincin untuk mengenang gelar juara tersebut.
   
Usut punya usut, hadiah cincin itu bukanlah hadiah dari NBA. Tradisi yang sudah berjalan bertahun-tahun itu ternyata dibiayai oleh klub juara sendiri. Dan nantinya, Mavericks bisa keluar duit sampai belasan miliar rupiah hanya untuk cincin kenangan untuk personelnya! Menurut Hoopsworld, ongkos cincin juara NBA mencapai USD 30 ribu (hampir Rp 270 juta) per buah. Biasanya, sebuah tim memberi hadiah cincin full size kepada setiap pemain dan staf inti tim basket. Versi lebih murah dibagikan kepada staf yang lain.
   
Sebagai contoh, pada 2008 Boston Celtics membagikan cincin juara emas putih 14 karat bertaburkan 84 berlian. Dengan biaya USD 30 juta per buah. Pada 2010, Los Angeles Lakers membagikan cincin yang berhiaskan 16 berlian besar, melambangkan 16 gelar yang sudah pernah direbut tim. Cincin Lakers itu juga berhiaskan serpihan kulit bola yang dipakai saat laga final.Saat ini, Mavericks memiliki 15 pemain, delapan pelatih dan asisten-asistennya, plus kurang lebih sepuluh manager dan staf senior lain. Berarti, cincin full size yang harus dibuat bisa mencapai 38 buah. Kalau masing-masing USD 30 ribu, maka biaya total pembuatan cincin mencapai USD 1,14 juta, atau sekitar Rp 10 miliar!
   
Itu belum termasuk cincin-cincin tambahan untuk anggota tim yang lain!Uniknya, tahun ini Mavericks sempat punya rencana memberi hadiah berbeda. Mark Cuban, pemilik tim itu yang dikenal eksentrik, ingin mengubah tradisi dengan membuatkan barang kenangan berbeda. Salah satu ide yang dia lontarkan: Gelang juara."Kami ingin mengubah tradisi. Saya mengingatkan para pemain, dulu semua orang memakai celana sangat pendek hingga hadirnya (kelompok tertentu). Kemudian tiba-tiba semua ingin memakai celana pendek yang lebih panjang. Saya bilang, saya ingin melakukan perubahan yang sama terhadap cincin juara," kata Cuban lewat radio 105,3 The Fan di Dallas.
   
Namun, ide "gila" Cuban itu tidak mendapat sambutan antusias dari para pemain. Kalau disuruh memilih, hampir semua tetap ingin mendapatkan cincin juara. "Saya laki-laki. Entah bagaimana perasaan saya kalau harus memakai gelang. Jadi saya lebih suka cincin," aku Dirk Nowitzki, bintang utama Mavericks, seperti dilansir Associated Press.Bahkan sang pelatih, Rick Carlisle, juga ingin dapat cincin. "Saya tak tahu apa yang dia (Cuban, Red) pikirkan. Kalau kita merebut juara NBA, kita harus mendapatkan cincin," tandasnya.
   
Jason Kidd, pemain senior Mavericks, juga sama. Cuban boleh menganggap cincin sebagai hadiah "kuno," tapi Kidd merasa itu cocok untuknya. "Saya ini juga pemain kuno," ucap Kidd, yang kini telah berusia 38 tahun dan sudah bermain 17 musim di NBA.Sementara itu, tidak semua perayaan Mavericks berlangsung menyenangkan. Salah satu pemain kunci, DeShawn Stevenson, memberi bumbu malu pada perayaan tim. Selasa malam lalu (14/6), dia ditahan polisi karena mabuk-mabukan di tempat umum. Setelah membayar uang jaminan, dia dibebaskan pagi harinya. Entah apa dampak kejadian ini pada status masa depannya. Kontraknya dengan Mavericks telah berakhir, dan dia berstatus free agent di pertengahan 2011 ini. (aza)
SHARES
TAGS  
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar