Bicara UMK 2022, Ganjar Dapat Masukan dari Rudy Terkait Subsidi Upah

Bicara UMK 2022, Ganjar Dapat Masukan dari Rudy Terkait Subsidi Upah
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (putih) saat sedang berbincang dengan FX. Hadi Rudyatmo (Rudy) di Pucang Sawit, Surakarta, Jumat (13/11) siang. Foto : Romensy Augustino/JPNN.com

jpnn.com, SOLO - Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat berkunjung ke kediaman Mantan Wali Kota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo, Jumat (13/11).

Menurut Ganjar, perwakilan buruh telah mengusulkan sebuah formula terkait besaran UMK 2022 kepada pemerintah.

"Sudah ada surat edaran dari Menteri Tenaga Kerja juga, sekarang kami sedang rumuskan," kata Ganjar.

Dia pun meminta kepada Dinas Ketenagakerjaan Kota dan Kabupaten agar mengajak organisasi-organisasi buruh untuk berdiskusi guna mencari kesepakatan agar tercipta kenyamanan.

"Saya juga minta pada para pengusaha membuka kondisi usahanya seperti apa. Karena ini, kan, sedang digempur pandemi. Jadi, biar semuanya transparan," tutur Ganjar.

Sementara itu, Rudy -panggilan FX. Hadi Rudyatmo- mengusulkan agar subsidi upah dari negara atau provinsi untuk pegawai bergaji di bawah Rp 5 juta/ bulan, diwujudkan dalam bentuk kartu.

Rudy menyarankan kartu tersebut hanya bisa digunakan untuk membeli sembako misalnya beras, mi, telur dan minyak goreng. "Dengan begitu ekonomi akan segera bisa bangkit," ucapnya.

Menurut ketua DPC PDIP Kota Surakarta itu, subsidi berwujud uang tunai terkadang digunakan untuk membeli kebutuhan yang bukan kebutuhan pokok.

Ganjar Pranowo mendapat masukan dari FX. Hadi Rudyatmo atau Rudy soal subsidi upah saat berbicara tentang UMK 2022. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News