Bikin Metode, Minimalisasi Harga Siluman

Bikin Metode, Minimalisasi Harga Siluman
Bikin Metode, Minimalisasi Harga Siluman
JAKARTA - Bursa Efek Indonesia (BEI) menyiapkan tiga metode implementasi preclosing perdagangan di lantai bursa. Usai persiapan teknis rampung, termasuk komunikasi dengan pelaku usaha dan Bapepam-LK, metode itu akan aktif pada 2012. "Preclosing itu hanya tergantung teknis penentuan harga saja. Nanti, seluruhnya tergantung keputusan,” tukas Ito Warsito, Direktur Utama BEI, di Jakarta, Kamis (8/9).

Setidaknya ada tiga metode preclosing sebagai opsi. Diantaranya last done price dan waited average. Metode lain yang disiapkan adalah perhitungan demand and selling atas perdagangan (buy ataupun order) yang belum terjadi. "Secara teknis banyak opsi yang bisa digunakan. Tapi untuk preclosing tidak mempengaruhi likuiditas,” imbuh Ito.

Saat ini sambung Ito, seluruh peranti tersebut masih dalam proses pematangan. Nantinya, setelah dikomunikasikan dengan investor, regulasi pasar modal dalam hal ini Bapepam-LK metode tersebut bisa dipalikasikan dan dinikmati pelaku pasar. ”Pastinya kami akan mencari cara terbaik agar praktiknya nanti tidak ada yang dirugikan,” ucap Ito.

Sementara Bapepam-LK mengklaim belum mengetahui rinci rencana penerepan preclosing pada lantai perdagangan tersebut. Meski begitu, pengadil pasar modal itu bakal berkomunikasi dengan Bursa. Sebab, bagaimana pun guna menghasilkan keputusan terbaik mesti dikomunikasi secara intensif dan terbuka. "Hingga saat ini belum ada komunikasi dengan pihak bursa terkait rencana tersebut. Tapi, pastinya nanti akan ada pertemuan,” kata Noorachman, Kepala Biro Transaksi Lembaga Efek Bapepam-LK.

JAKARTA - Bursa Efek Indonesia (BEI) menyiapkan tiga metode implementasi preclosing perdagangan di lantai bursa. Usai persiapan teknis rampung, termasuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News