Bikin Podcast Tidak Perlu Alat Canggih, Ini Tips Podcaster Profesional 

Bikin Podcast Tidak Perlu Alat Canggih, Ini Tips Podcaster Profesional 
Kelas Video Podcast ini mengajak beberapa podcaster profesional untuk memperkenalkan teknik video podcast dengan menggunakan peralatan sederhana. Foto dok. Kemenkominfo

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi berkolaborasi bersama Paberik Soeara Rakjat menggelar Kelas Video Podcast Literasi Digital. 

Kelas Video Podcast yang dilaksanakan pada 11 Maret ini mengajak beberapa podcaster profesional untuk memperkenalkan teknik video podcast dengan menggunakan peralatan sederhana yang bisa dijangkau siapa pun. 

Podcaster audio/ video dan pemandu literasi digital, Rizky Adi Nugroho menyampaikan bahwa video siniar atau podcast sebenarnya adalah inovasi baru. Pada dasarnya siniar atau podcast itu berbasis audio only. 

Baca Juga:

Saat ini, ujarnya ada misleading di mana orang-orang yang ingin mulai membuat podcast dihadapkan pada standar kalau podcast itu harus seperti konten Deddy Corbuzier atau Denny Sumargo. 

"Padahal kita semua bisa menciptakan podcast tanpa standar apa pun atau sesuai dengan minat dan konsep yang kita inginkan,” tambah Rizky dalam keterangannya dikutip Jumat (17/3).

Rizky menambahkan bahwa saat ini tahap produksi konten podcast sudah sangat mudah untuk dilakukan oleh semua orang. Sekarang semua bisa produksi melalui gadget yang dimiliki.

Salah satunya melalui aplikasi Spotify yang sudah memiliki tampilan seperti Instagram sehingga jadi lebih mudah untuk digunakan.

Senada itu, Partnership Manager, aplikasi Spotify Indonesia, Calvin Mongkol menambahkan tidak perlu bingung memikirkan gear apa saja yang diperlukan untuk produksi podcast. 

Bikin podcast tidak perlu alat canggih, ini tips para podcaster profesional dan content creator

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News