Bikin SIM Tak Segampang Dahulu, Kini Harus Punya Sertifikat Mengemudi

Bikin SIM Tak Segampang Dahulu, Kini Harus Punya Sertifikat Mengemudi
Pemohon pembuatan SIM. Foto (ilustrasi): Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pembuatan surat izin mengemudi (SIM) tidaklah segampang sebelumnya. Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memperbarui aturan bikin SIM.

Korlantas Polri menambahkan syarat baru yang harus dipenuhi para pemohon SIM.

Aturan baru tersebut ialah pemohon SIM diwajibkan melampirkan fotocopy sertifikat kompetensi yang diterbitkan oleh pendidikan dan pelatihan mengemudi dengan memperlihatkan aslinya.

Syarat itu tertuang dalam Peraturan Polri Nomor 2 Tahun 2023 tentang Perubahan Atas Perpol Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Peraturan tersebut sudah diundangkan sejak 17 Februari 2023.

"Melampirkan surat hasil verifikasi kompetensi mengemudi yang diterbitkan oleh sekolah mengemudi yang terakreditasi. Bagi pemohon yang akan membuat Surat Izin Mengemudi (SIM) perorangan yang tidak mengikuti pendidikan dan pelatihan mengemudi atau belajar sendiri," tulis Perpol 2023, Selasa (20/6).

Selain itu, sertifikat mengemudi yang dimaksud harus dikeluarkan oleh sekolah mengemudi yang terakreditasi, paling lama 6 bulan sejak diterbitkan.

Bagi pemohon peningkatan SIM Ranmor Umum dan pemohon SIM Ranmor Perseorangan.

Pembuatan surat izin mengemudi (SIM) tidaklah segampang sebelumnya. Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memperbarui aturan bikin SIM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News