Bikin Vlog Bareng Ari Lasso, Bamsoet Sampaikan Pesan Kebangsaan

Bikin Vlog Bareng Ari Lasso, Bamsoet Sampaikan Pesan Kebangsaan
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bersama Ari Lasso membuat vlog soal kebangsaan, menyosialisasikan Empat Pilar MPR RI kepada 1,15 juta subscriber youtube dan 1,7 juta follower instagram Ari Lasso.

Kolaborasi pemilik akun Bamsoet Channel dan Ari Lasso TV itu menekankan pentingnya toleransi dalam berbagai dimensi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Karena tanpa toleransi, tak mungkin Indonesia bisa merdeka pada 17 Agustus 1945.

"Dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia, para pendiri bangsa yang tergabung dalam Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) maupun Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI), terdiri dari beragam etnis dan agama," ujar Bamsoet seperti yang tayang di Bamsoet Channel, nge-vlog bersama Ari Lasso di Jakarta, Sabtu (29/8).

Bikin Vlog Bareng Ari Lasso, Bamsoet Sampaikan Pesan Kebangsaan
Bambang Soesatyo dan Ari Lasso. Foto: mpr

"BPUPKI yang dibentuk pada 1 Maret 1945, terdiri dari 63 anggota yang berasal dari 40 orang etnis Jawa, tujuh orang Sunda, empat orang Tionghoa, tiga orang Padang, dua orang Madura, satu orang Batak, satu orang Indo-Belanda, satu orang Arab, satu orang Banten, satu orang Lampung, satu orang Ambon, dan satu orang Minahasa. Dari segi pemeluk agama, 55 orang muslim, delapan orang non-muslim yang terdiri dari Tionghoa, Budha, dan Kristen. Merekalah yang melahirkan dasar negara, Pancasila, pada 1 Juni 1945," imbuhnya.

Mantan Ketua DPR RI ini menambahkan, BPUPKI kemudian dibubarkan pada 7 Agustus 1945.

Saat itu jugalah dibentuk Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) yang berjumlah 21 orang, terdiri dari 12 orang etnis Jawa, tiga orang Sumatera, dua orang Sulawesi, satu orang Kalimantan, satu orang Nusa Tenggara, satu orang Maluku, dan satu orang Tionghoa.

Bambang Soesatyo bersama Ari Lasso membuat vlog soal kebangsaan, menyosialisasikan Empat Pilar MPR RI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News