Bima Arya Bentuk Detektif Covid-19, Inilah Tugasnya

Bima Arya Bentuk Detektif Covid-19, Inilah Tugasnya
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meninjau pelaksanaan rapid test di Pasar Bogor, yang merupakan tindakan pelacakan penyebaran Covid-19 di Kota Bogor. Foto: ANTARA/HO/Pemkot Bogor

jpnn.com, BOGOR - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto optimistis pembentukan deteksi aktif (Detektif) di Kota Bogor akan mampu mengantisipasi dan menekan penyebaran COVID-19 di Kota Bogor, melalui koordinasi yang rapi dan terukur dari tugas-tugas tim pelacakan dan tim pemantauan.

"Dibentuknya Detektif COVID-19 sasarannya dapat meminimalisir dan menghapus penyebaran COVID-19 yang trennya meningkat lagi pada dua pekan terakhir," kata Bima Arya, Rabu (24/6).

Menurut Bima Arya, anggota pasukan Detektif COVID-19 dibagi menjadi dua tim yakni tim pelacakan dan tim pemantauan serta keberadaannya berjenjang dari tingkat kecamatan, kelurahan, hingga rukun warga (RW) yakni RW Siaga.

Bima menjelaskan, tim pelacakan tugasnya adalah melacak kasus positif COVID-19 yang terkonfirmasi, melakukan assessment kemampuan isolasi mandiri di rumah bagi kasus positif yang menjalani isolasi mendiri di rumah, memfasilitasi rujukan kasus positif COVID-19, serta memfasilitasi rumah isolasi untuk orang dalam pemantauan dan orang tanpa gejala (ODP dan OTG).

Kemudian, tim pemantauan tugasnya adalah memantau keluhan kesehatan orang berstatus ODP dan OTG yang menjalani isolasi mandiri di rumah, memantau disiplin ODP dan OTG, serta melaporkan perkembangannya kepada petugas surveilance Puskesmas dan RW Siaga.

Bima menegaskan, dibentuknya Detektif COVID-19 membuat jalur koordinasi menjadi lebih rapih lagi, yakni dimulai dari adanya orang terkonfirmasi positif COVID-19, langsung ditindaklanjuti, apa yang harus dilakukan.

"Ini menjadi tugas tim pelacak dan pemantau," katanya.

Setelah diketahui adanya positif COVID-19, kata Bima, tim pelacakan melakukan pendalaman, sehingga dari satu kasus positif itu bisa ditelusuri orang yang kontak langsung dengan satu kasus positif tersebut, dan ditetapkan sebagai ODP.

Bima Arya optimistis pembentukan Detektif di Kota Bogor akan mampu mengantisipasi dan menekan penyebaran COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News