Bima Arya Ingatkan Warga Kota Bogor Kenali Ciri-ciri Pohon yang Rawan Tumbang

Bima Arya Ingatkan Warga Kota Bogor Kenali Ciri-ciri Pohon yang Rawan Tumbang
Wali Kota Bogor Bima Arya mengecek identitas pohon yang telah memiliki identitas di Kota Bogor. (ANTARA/HO/Pemkot Bogor)

jpnn.com, KOTA BOGOR - Wali Kota Bogor Bima Arya meminta warganya mengenali ciri-ciri pohon penghijauan di kota itu yang rawan tumbang saat musim hujan disertai badai.

Bima menjelaskan, semua pohon-pohon penghijauan di Kota Bogor sudah memliki kartu indentitas dan dikelompokkan menjadi tiga kategori berdasarkan kekokohan dan kemungkinan tumbang pada cuaca buruk.

"Ketiga kategori itu adalah hijau, kuning dan merah," kata Bima Arya di Kota Bogor, Selasa (3/11).

Menurutnya, pengelompokan dan identifikasi itu dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Badan Pelaksana Bencana Daerah (DLH dan BPBD).

Petugas DLH dan BPBD telah menandai pohon dengan tanda dari bahan seng yang ditempelkan di batang pohon.

Dengan adanya pengelompokan dan identitas tersebut, masyarakat dan pihak terkait bisa lebih cepat mendeteksi jika ada bencana.

"Pohon yang tumbang kemarin itu adalah pohon kelompok kuning, yakni sudah mulai rapuh. Jadi hati-hati pada pohon yang sudah rapuh," katanya.

Menurut Bima Arya, pohon penghijauan berkategori merah yakni akarnya sudah keropos dan sedang dalam proses untuk ditebang.

Warga Kota Bogor harus tahu kondisi pohon yang sudah diberi kartu identitas berdasarkan tingkat kerapuhan dan berpotensi tumbang saat cuaca buruk.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News