BIN Rangkul Pemuda Teluk Bintuni Manfaatkan Lahan Tidur untuk Pertanian & Peternakan

BIN Rangkul Pemuda Teluk Bintuni Manfaatkan Lahan Tidur untuk Pertanian & Peternakan
Lahan kosong di Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat. Foto dok BIN

jpnn.com, PAPUA BARAT - Deputi IV Bidang Intelijen Ekonomi BIN, Made Kartikajaya, meninjau langsung progres pembukaan lahan oleh Papua Muda Inspiratif (PMI), Selasa (18/10).

Koordinator PMI Provinsi Papua Barat, Simon Tabuni menjelaskan, lahan ini akan dimanfaatkan untuk pengembangan komoditas jagung dan singkong.

Ke depan, lahan ini juga akan  dikembangkan untuk peternakan sapi.

Menurut Simon, atas dorongan BIN, Pemkab Teluk Bintuni hingga jajarannya di tingkat desa telah siap berkolaborasi dengan PMI agar lahan-lahan tidur yang ada bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat Papua.

"Kami PMI sangat senang bisa berkolaborasi dengan Pemda. Kami mohon tuntunan dari BIN untuk bersama-sama  mengembangkan Kabupaten Teluk Bintuni agar lebih sejahtera," kata Simon.

Simon mengatakan, pengelolaan pertanian jagung ini akan memberdayakan warga sekitar, baik pemuda maupun kalangan orang tua, sehingga berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan kesejahteraan masyarakat.

Program ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo, Kepala BIN, Jenderal Pol (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan.

"Kami dari PMI akan mendorong keterlibatan masyarakat kampung yang ada di sekitar Aroba, kampung-kampung sekitar, terutama pemuda untuk terlibat dalam pengembangan pertanian yang ada di tempat ini, sehingga ke depan ladang ini tidak hanya tidur seperti ini, tapi terbangun dan termanfaatkan," harap dia.

Badan Intelijen Negara (BIN) merangkul anak muda untuk menjadi penggerak pertanian di Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News