Biola Karya Mbah Min Bikin Pak Ganjar Terkagum-kagum

Kamis, 13 Mei 2021 – 06:01 WIB
Biola Karya Mbah Min Bikin Pak Ganjar Terkagum-kagum - JPNN.com
Gubernur Ganjar Pranowo saat mengunjungi rumah Mbah Min. Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, KUDUS - Belasan tahun sudah Ngatmin atau akrab disapa Mbah Min membuat biola berbahan baku bambu. Bahan baku unik yang dipilih Mbah Min ternyata mampu membuat biola karyanya dikenal banyak orang bahkan sampai mendapatkan pesanan dari luar negeri.

Hal itu juga yang membuat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyempatkan diri untuk berkunjung ke rumah Mbah Min di Japan Wetan, Desa Japan, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Rabu (12/5).

Di rumah yang berada di lereng Gunung Muria itu, Mbah Min biasa memproduksi biola dari bahan bambu dan bahan kayu.

Sayang, saat Ganjar berkunjung, Mbah Min sedang pergi mengantar pesanan biola. Di rumah itu Ganjar bertemu dengan istri Mbah Min yaitu Sri Sudarwati. 

Sudarwati menceritakan, Mbah Min sudah mulai membuat biola dari bahan baku bambu sejak tahun 2009. Sebelumnya, Mbah Min hanya pengrajin ukir kayu yang bekerja di Jepara.

Namun, begitu bertemu dengan seorang teman dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Mbah Min mulai membuat biola dari bambu.

"Dulu kerja ukir kayu di Jepara. Teman dari IPB itu mau mengembangkan alat musik biola, lalu suami saya didukung untuk membuat biola bambu," ujarnya kepada Ganjar.

Berawal dari hal itu, lanjut Sudarwati, biola bambu karya Mbah Min mulai dikirim ke berbagai tempat. Mulai pesanan dari IPB sendiri sampai ada pesanan dari Hongkong dan Malaysia. Selama ini Mbah Min hanya melayani pesanan yang masuk. Biasanya dipesan melalui daring.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...