Bisa Juara dengan Produk Lokal

Bisa Juara dengan Produk Lokal
Bisa Juara dengan Produk Lokal
MEMILIKI pemain naturalisasi tidak berarti jaminan prestasi. Setidaknya, itu yang tampak dari ajang Piala AFF 2010. Indonesia, Filipina, dan Singapura, yang memakai jasa pemain naturalisasi, ternyata tak sepenuhnya sukses. Keberhasilan dari pembinaan dibuktikan Vietnam.

Saat Singapura tampil dominan dengan pemain naturalisasinya pada 2007, Vietnam mampu mematahkan dominasi dua kali juara berturut-turut tersebut dan akhirnya menjadi kampiun Piala AFF di edisi 2008.

Meski banyak pemain naturalisasi di Vietnam, sampai saat ini di antara mereka belum ada yang dipanggil ke timnas. Mereka sebatas mengikuti seleksi dan ujung-ujungnya tak terpilih. Sebab, Vietnam lebih memilih pemain lokal hasil binaan mereka.

Tradisi tersebut berlanjut sampai sekarang. Federasi sepak bola Vietnam, VFF, menegaskan agar pemain naturalisasi tak dipanggil dalam skuad meski jumlahnya cukup banyak di Vietnam saat ini. Bahkan, jumlah pemain naturalisasi di sana lebih banyak daripada di Indonesia.

MEMILIKI pemain naturalisasi tidak berarti jaminan prestasi. Setidaknya, itu yang tampak dari ajang Piala AFF 2010. Indonesia, Filipina, dan Singapura,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News