BKN Temukan 6 Bukti Sistem Seleksi CASN 2021 Dicurangi 

BKN Temukan 6 Bukti Sistem Seleksi CASN 2021 Dicurangi 
BKN menemukan 6 bukti kecurangan dalam pelaksanaan sistem seleksi CASN 2021 di tilok mandiri salah satu daerah. Ilustrasi/Foto: Ricardo/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengeklaim menemukan bukti-bukti yang menunjukkan terjadinya dugaan kecurangan dalam seleksi CASN 2021 di titik lokasi (tilok) mandiri instansi pemerintah Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah. 

"Kami sangat menyesalkan adanya indikasi kecurangan di tilok mandiri Pemkab Buol," kata Kepala Biro Humas Hukum dan Kerja Sama BKN Satya Pratama di Jakarta, Senin (25/10).

Menindaklanjuti hal itu, BKN berkolaborasi dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bersama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), serta didukung penuh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) pengadaan CASN 2021, melakukan penyelidikan atas dugaan tersebut. 

Dari hasil penyelidikan tersebut, BKN bersama BSSN menemukan adanya indikasi kecurangan pada pelaksanaan SKD CASN di tilok mandiri instansi Pemkab Buol yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab yang ingin merusak sistem seleksi CASN nasional dengan modus remote access.

Dari hasil penyelidikan didapatkan bukti pendukung indikasi kecurangan sebagai berikut:

1. Pengaduan masyarakat atas dugaan kecurangan;

2. Hasil audit trail aplikasi CAT BKN terhadap aktivitas peserta seleksi selama pelaksanaan seleksi;

3. Laporan kegiatan forensik digital pada perangkat yang digunakan;

BKN menemukan 6 bukti kecurangan dalam pelaksanaan sistem seleksi CASN 2021 di Tilok mandiri salah satu daerah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News