BMKG: Gempa Magnitudo 7,1 Guncang Sulawesi Utara, Waspada!

BMKG: Gempa Magnitudo 7,1 Guncang Sulawesi Utara, Waspada!
Gempa bumi mengguncang Sulut. Ilustrasi Foto: Antara/BMKG

jpnn.com, JAKARTA - BMKG baru saja melaporkan telah terjadi gempa bumi dengan magnitudo 7,1 mengguncang kawasan Melonguane, Sulawesi Utara, Kamis (21/1) sekira pukul 19.23 WIB.

Melalui halaman resminya, gempa tersebut berlokasi di 4,98 LU, 127,38 BT dengan kedalaman 154 kilometer.

Dilihat dari peta guncangan yang diukur dengan skala MMI atau Modified Mercalli Intensity, gempa dirasakan di daerah Melonguane, Tahuna, Ondong IV MMI, Manado, Bitung III MMI, Galela, dan Gorontalo.

Kemudian juga di Morotai, Halmahera Utara, Halmahera Barat II-III MMI, Bolaang Uki II MMI, Ternate, Sofifi, dan Halmahera Tengah I-II MMI.

Skala IV MMI mendeskripsikan bila pada siang hari dirasakan oleh banyak orang di dalam rumah, sedangkan III MMI menggambarkan getaran dirasakan nyata dalam rumah, serta terasa getaran seakan-akan truk berlalu.

BMKG menyatakan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Kendati demikian, BMKG memperingatkan terkait potensi gempa susulan.

Terpisah, Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Kepulauan Talaud melaporkan warganya merasakan guncangan kuat selama 3 detik. (rdo/jpnn)

BMKG baru saja melaporkan telah terjadi gempa bumi dengan magnitudo 7,1 mengguncang kawasan Melonguane, Sulawesi Utara, Kamis (21/1/2021).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News