BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Laut 4 Meter, Waspada!

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Laut 4 Meter, Waspada!
BMKG memperingatkan masyarakat untuk wasapa soal potensi gelombang tinggi mencapai 4 meter. Ilustrasi - Gelombang tsunami: Sultan Amanda/JPNN.com

jpnn.com, ACEH - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Sultan Iskandar Muda Aceh Besar memperingatkan masyarakat untuk wasapa soal potensi gelombang tinggi mencapai 4 meter.

Peringatan dini gelombang tinggi itu berlaku sampai tiga hari ke depan atau Rabu (15/6), di wilayah perairan laut daerah paling barat Indonesia.

“Terutama wilayah perairan utara Sabang, Samudera Hindia Barat Aceh, dan perairan barat Aceh, yang berpotensi tinggi gelombang mencapai 4 meter, bahkan lebih,” kata Koordinator Data dan Informasi BMKG Aceh Besar Zakaria Ahmad di Banda Aceh, Senin (13/6).

Dia mengatakan tinggi gelombang laut yang mencapai 4 meter tersebut sudah termasuk dalam kategori tinggi, sehingga nelayan Aceh perlu waspadai saat melaut.

Apalagi, kata dia, saat ini Aceh sudah masuk musim angin barat, sehingga kecepatan angin bisa lebih tinggi dari musim angin timur.

Menurut dia, rata-rata kecepatan angin di tengah kondisi seperti ini mulai 10-40 kilometer per jam.

Dia menyarankan kepada para nelayan agar tidak terlalu ke tengah jika harus melaut karena alasa ekonomi.

"Jadi, ketika ada peningkatan kecepatan angin dan peningkatan tinggi gelombang laut, maka dengan cepat menepi," kata Zakaria.

BMKG memperingatkan masyarakat untuk wasapa soal potensi gelombang tinggi mencapai 4 meter.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News