BMKG Keluarkan Peringatan Dini untuk Sebagian Besar Wilayah Indonesia, Waspada!

BMKG Keluarkan Peringatan Dini untuk Sebagian Besar Wilayah Indonesia, Waspada!
BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang. Ilustrasi Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Hari ini, Jumat (21/1) sebagian besar daerah-daerah di Indonesia diminta waspada cuaca buruk.

Berdasarkan laman resmi BMKG.go.id, hujan lebat disertai angin kencnag dan petir diperkirakan terjadi di Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Cuaca serupa juga berpotensi melanda Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Kemudian, hujan sedang yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di DKI Jakarta dan Kalimantan Selatan.

"Sulawesi Barat diprakirakan mengalami angin kencang," tulis BMKG.

BMKG juga memberikan peringatan gelombang tinggi 2,5-4 meter di Laut Natuna Utara, Laut Jawa bagian Timur, Selat Makassar bagian Selatan dan Utara, Laut Sulawesi bagian Timur, dan Laut Banda.

BMKG mengimbau bidang pelayaran memperhatikan peringatan gelombang tinggi dalam mengedepankan keselamatan pelayaran.

BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News