BMKG Keluarkan Peringatan Gelombang Tinggi, Waspada!

BMKG Keluarkan Peringatan Gelombang Tinggi, Waspada!
Peringatan keras BMKG soal gelombang tinggi. Foto: ANTARA/Rahmad

jpnn.com, PADANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Minangkabau Padang Pariaman mengeluarkan peringatan gelombang tinggi serta angin kencang.

Potensi cuaca ekstrem itu bisa terjadi di wilayah perairan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

"Kami melihat gelombang di Kepulauan Mentawai ini cukup tinggi bahkan bisa mencapai 2,5 meter," ujar Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Minangkabau Yudha Nugraha di Padang, Rabu.

Tingginya gelombang ditambah angin kencang di Kepulauan Mentawai tersebut dinilai bisa membahayakan para nelayan tradisional yang pada umumnya masih menggunakan perahu kecil, atau peralatan sederhana untuk menangkap ikan.

Yudha melanjutkan ketika terjadi angin kencang dan terjangan ombak tinggi tak jarang perahu yang digunakan para nelayan tersebut terbalik atau mengalami kerusakan pada mesin.

Terkait tiga kejadian berturut-turut kapal nelayan dan kapal pengangkut turis asal Spanyol yang karam dan diterjang gelombang tinggi pada Jumat (24/3) di perairan Kabupaten Kepulauan Mentawai, hal itu juga dikarenakan faktor wilayah Sumatera Barat dalam puncak terjadinya musim hujan antara Maret hingga April 2023. 

Khusus di wilayah Sumatera Barat dalam setahun terdapat dua periode terjadinya puncak hujan.

Pertama, antara Maret hingga April dan periode kedua diperkirakan terjadi pada November hingga Desember.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Minangkabau Padang Pariaman mengeluarkan peringatan gelombang tinggi serta angin kencang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News