BMKG Minta Warga Pesisir Kobar Waspada pada 24-29 Desember, Ada Apa?

BMKG Minta Warga Pesisir Kobar Waspada pada 24-29 Desember, Ada Apa?
BMKG: Waspadai potensi gelombang pasang laut yang berpotensi memicu banjir rob. Ilustrasi Foto: Sam/JPNN.com

jpnn.com - PALANGKA RAYA - Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) meminta warga di daerah pesisir Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Provinsi Kalimantan Tengah, mewaspadai potensi gelombang pasang laut yang berpotensi memicu banjir rob.

BMKG Stasiun Meteorologi kelas III Iskandar, Kota Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, menyebut pasang air laut berpotensi terjadi pada 24-29 Desember 2022.

"Wilayah itu seperti daerah Kecamatan Kumai yang diperkirakan terjadi pasang air laut pada 24-29 Desember 2022," kata Kepala Stasiun Meteorologi kelas III Pangkalan Bun Aqil Ihsan di Pangkalan Bun, Jumat (23/12).

Aqil menjelaskan potensi gelombang pasang laut ini dikarenakan adanya fenomena bulan baru dan perigee atau jarak terdekat bulan ke bumi.

Selain fenomena bulan baru dan jarak terdekat bulan ke bumi, potensi pasangnya gelombang laut dan banjir rob terjadi beberapa faktor, yakni adanya angin kencang dan hujan lebat di laut.

"Kita (BMKG) belum bisa memprediksi apakah pada tanggal 24 Desember nanti akan terjadi hujan deras dan angin kencang di laut, karena kita akan mendapatkan data prakiraan tersebut sehari sebelumnya," ujarnya.

Aqil mengimbau agar warga sekitar pesisir yakni wilayah Kecamatan Kumai untuk tetap waspada terjadinya gelombang laut pasang dan banjir rob sekitar pukul 18.00 -21.00 WIB.

Namun, Aqil juga mengimbau agar warga tetap tenang.

BMKG meminta warga di daerah pesisir Kabupaten Kotawaringin Barat atau Kobar, waspada pada 24-29 Desember 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News