BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem Melanda Indonesia dalam Sepekan ke Depan

BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem Melanda Indonesia dalam Sepekan ke Depan
BMKG memprakirakan dalam sepekan ke depan potensi cuaca ekstrem akan terjadi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem dalam sepekan ke depan.

BMKG memprakirakan curah hujan dengan intensitas sedang-lebat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan hasil analisis menunjukkan kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil dalam beberapa hari ke depan.

Hal itu bisa meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia.

"Khususnya di wilayah Indonesia bagian tengah dan timur," kata Guswanto dalam siaran pers.

Kondisi tersebut, lanjut Guswanto, diperkuat oleh aktifnya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang Rossby Ekuatorial, dan gelombang Kelvin di wilayah Indonesia. 

"Selain itu, terbentuknya belokan maupun pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) dapat mengakibatkan meningkatnya potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia," ujar Guswanto.

Berikut wilayah di Indonesia yang berpotensi dilanda cuaca buruk dalam periode sepekan ke depan:

BMKG memprakirakan dalam sepekan ke depan potensi cuaca ekstrem dan curah hujan dengan intensitas sedang-lebat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia, simak selengkapnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News