BMKG Prediksi Sejumlah Daerah di Indonesia Akan Hujan Lebat, Berikut Daftarnya

BMKG Prediksi Sejumlah Daerah di Indonesia Akan Hujan Lebat, Berikut Daftarnya
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di sejumlah daerah di Indonesia akan terjadi hujan badai pada Minggu (7/1). Foto/ilustrasi: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di sejumlah daerah di Indonesia akan terjadi hujan badai pada Minggu (7/1).

Dikutip dari laman resmi BMKG di Jakarta, Minggu, adapun daerah yang mengalami hujan tersebut di antara Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.

BMKG pun mengimbau kepada masyarakat sekitar agar tetap waspada.

Selain daerah-daerah tersebut, masyarakat juga harus mewaspadai potensi hujan badai seperti Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Aceh, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Lampung.

Kemudian, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku dan Papua Barat juga harus mewaspadai potensi hujan badai.

Hujan badai terjadi seiring dengan Indonesia yang memasuki cuaca ekstrem sejak 3 Januari 2024 dan diperkirakan akan berlangsung hingga 10 Januari 2024 terutama untuk sejumlah daerah.

Monsun Asia Musim Dingin yang diasosiasikan sebagai musim angin baratan menjadi salah satu faktor yang memicu cuaca ekstrem di beberapa wilayah.

Monsun Asia mulai menunjukkan dampaknya terhadap potensi peningkatan massa udara basah di sekitar wilayah Indonesia sehingga pertumbuhan awan hujan di periode Januari ini diprediksikan cukup intens.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di sejumlah daerah di Indonesia akan terjadi hujan badai pada Minggu (7/1).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News