BMKG: Sejumlah Wilayah Diguyur Hujan Lebat di Akhir Tahun

BMKG: Sejumlah Wilayah Diguyur Hujan Lebat di Akhir Tahun
Warga menggunakan payung saat hujan turun di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (26/10). Foto/ilustrasi: arsip jpnn.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, hujan lebat akan turun di sebagian wilayah Indonesia pada akhir tahun, mulai dari 28 sampai 31 Desember 2020.

"Hujan lebat dapat terjadi di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Papua Barat, dan Papua," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam keterangan tertulis BMKG yang diterima di Jakarta, Jumat (25/12).

BMKG juga memprakirakan hujan lebat dengan curah hujan 50 sampai 100 mm per hari berpotensi terjadi di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, dan Papua pada 25 sampai 27 Desember 2020.

Prakiraan cuaca dari BMKG , hingga menjelang akhir Desember 2020 sebanyak 85 persen zona musim (ZOM) di wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan.

BMKG mengimbau pemerintah pusat dan daerah serta warga di daerah dengan potensi curah hujan tinggi hingga sangat tinggi mewaspadai kemungkinan terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor.

"Diminta terus memonitor informasi perkembangan cuaca dan peringatan dini dari BMKG," kata Guswanto.

Menurut prakiraan BMKG, pada 24 sampai 27 Desember 2020 gelombang laut dengan tinggi 2,5 sampai 4 meter berpeluang terjadi di perairan barat Kepulauan Mentawai-Enggano, perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Jawa, hingga Pulau Sumbawa. (antara/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

Prakiraan cuaca BMKG: hujan lebat turun di sebagian wilayah pada akhir tahun 2020, berikut ini daftarnya.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News